Kesehatan

IBI Cabang Sumenep Gelar Midwifery Update Angkatan Pertama Tahun 2023

×

IBI Cabang Sumenep Gelar Midwifery Update Angkatan Pertama Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Ibi Sumenep Gelar Midwifery Update Angkatan Pertama
FOTO: Pelaksanaan Midwifery Update (MU) Angkatan Pertama Tahun 2023

LIMADETIK.COM, SUMENEP – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Sumenep gelar pelatihan Midwifery Update (MU) untuk pertama kali di tahun 2023.

MU ini dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 27 sampai 29 Januari 2023, di ruang pertemuan IBI cabang sumenep.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan P2KB Sumenep, H. Agus Mulyono, melalui pelatihan MU ini, semua bidan akan mendapatkan penguatan kompetensi.

“Pelatihan MU ini wajib di ikuti oleh Bidan aktif, baik yang ASN maupun Non ASN,” katanya. Minggu (29/1/2023).

Agus Mulyono berharap kepada peserta angkatan pertama di tahun 2023 ini, agar betul betul memahami materi yang tertuang dalam modul.

“Semoga, para bidan yang ikut pelatihan ini sejak kemarin, benar benar memahami modul yang terdapat dalam pelatihan, kemudian diterapkan dan dilakukan sesuai dengan SOP. InsyaAllah semuanya kompeten,” ujarnya.

Sementara, Ketua IBI Cabang Sumenep, Firmawati Rozana menyampaikan, pelatihan Midwifery Update (MU) ini merupakan program rutin organisasi profesi.

“Kegiatan ini merupakan program rutin kami laksanakan, untuk update tentang semua pelayanan bidan,” kata Firmawati.

Peserta kegiatan ini, sebanyak 40 orang, masing masing peserta akan mendapatkan sertifikat yang belaku selama 5 tahun.

“Peserta MU angkatan pertama ini sebanyak 40 orang bidan, nantinya, mereka akan mendapatkan sertifikat yang berlaku 5 tahun, dan bisa digunakan untuk urusan surat tanda registrasi (STR) Bidan,” jelasnya.

Pihaknya menjelaskan, sesuai standart yang mengatur, bahwa urusan pembuatan atau perpanjangan STR Bidan ini, memang memiliki indikator yang wajib dilaksanakan, yaitu pelatihan MU.

“Pelatihan MU ini, memang hal yang wajib mas, karena dalam melakukan pembuatan STR bidan, ada point wajib yang harus dipenuhi, seperti yang kami laksanakan hari ini, begitu juga ketika bidan akan melalukan re registrasi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, narasumber atau fasilitator dalam kegiatan ini melibatkan unsur Spesialis Obstetri dan Ginekologi (Spog), pengurus Ibi Provinsi Jatim dan Ibi Kabupaten Sumenep.

× How can I help you?