Ibu Persit KCK Berikan Penyuluhan Hukum Rumah Tangga di Desa Belimbing Kabupaten OKU

BATURAJA, Limadetik.com — Puluhan warga Desa Belimbing Kecamatan peninjauan menerima penyuluhan hukum kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang disampaikan oleh tim nonfisik TMMD wilayah Kodim 0403 /OKU Kamis, (12/7/2018).

Ketua persit Kartika Candra Kirana Ny Agung Widodo mengungkapkan warga untuk selalu sadar hukum dan menghindari kekerasan dalam rumah tangga, karena sejak tahun 2004 pemerintah telah mengaturnya dalam UU No 23 pasal 1 tentang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga (UU PKDRT)

“Dimana didalamnya telah disebutkan, KDRT merupakan tindakan yang di lakukan dalam rumah tangga baik oleh suami, istri maupun anak yang berdampak buruk terhadap keutuhan fisik, psikis dan keharmonisan keluarga” papar Ny Agung Widodo.

Salah satu warga desa belimbing yang tidak mau di sebutkan namanya mengatakan terima kasih kepada tim penyuluh TMMD. Dia juga bersyukur dan berharap warganya akan semakin rukun dan tidak terjadi KDRT sehingga tiap keluarga bisa hidup sakinah, mawadah dan warohmah serta sesama warganya dapat hidup tentram, damai dan sejahtera

“Kegiatan ini sangat penting bagi kami, karena masyarakat kami disini masih terbatas pengetahuan tentang aturan hukum yang berlaku. Oleh karenanya melalui kegiatan ini, kami disini akan sedikit memahami dan mengerti akan aturan hukum yang berlaku,” ungkapnya.

Dalam kegiatan penyuluhan masalah KDRT dan hak-hak Asuh atas anak ini disampaikan masyarakat, menyusul pernah adanya kejadian kekerasan dalam Rumah tangga yang dialami Ibu Rumah Tangga di desa setempat.

“Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah khususnya kepada bupati Ogan Komering Ulu (Oku) yang telah menempatkan kegiatan TMMD ini di desa kami” ucap Ibu yang nama nya tak ingin di publikasikan.

Ia juga menambahkan, berharap program TMMD seperti ini dapat terus terlaksana tiap tahun dan TNI tetap menyatu dengan rakyat karena kehadiran TNI di tengah masyarakat selalu membantu mengatasi kesulitan rakyat. Hidup dan jayalah selalu TNI di hati rakyat. (fikrii/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here