BATURAJA , Limadetik.com – Jalan cor beton di perumahan kibang permai kecamatan baturaja barat kabupaten ogan komering ulu ( OKU) sumsel  sudah mengalami kerusakan di berbagai tempat, kondisi ini akan membahayakan pengendara yang melintas, Rabu (27/12/2017).

Hancurnya  jalan ini disebabkan oleh kendaraan yang berlebihan tonase yang setiap harinya melintasi jalan ini sehingga membuat jalan banyak yang berlubang/rusak.

Menurut warga Ariyansah mengatakan, dari awal pembuatan jalan COR BETON ini sampai dengan sekarang belum ada tindakan dari dinas perhubungan (Dishub) untuk melakukan teguran atau tindakan yang tegas bagi pengguna jalan yang melebihi tonase.

“Kelihatannya  memang di sengaja terjadi pembiaran oleh pihak Dinas perhubungan, banyak mobil muatan yang melebihi tonase melintas setiap hari di jalan ini, seperti nya tidak ada tindakan dari Dinas tersebut,” ucapnya.

Keterangan Sudah jelas dengan klarifikasi Golongan III C, jalan ini bisa di lewati kendaraan kendaraan  tonase maksimal 8 ton dengan dimensi lebar kendaraan 2,10 meter dan dimensi panjang kendaraan 9,0 meter.

“Namun yang terjadi dilapangan, kendaraan yang melintas melebihi kapasitas dimensi yang di izinkan dan berat beban kendaraan ada yang diatas 12 ton, karena berdasarkan kerusakan jalan dapat kita lihat sudah banyak yang berlubang / rusak, banyak kendaraan dengan muatan lebih dari 12 ton melintas bebas di jalan ini,” Ungkapnya.

Kembali Aryansah mengatakan, pihak Dinas  perhubungan ( Dishub) OKU supaya tidak tutup mata, dan  melakukan pembiaran terhadap kendaraan yang melintas melebihi tonase, untuk itu kami berharap Dishub yang telah berkompeten terhadap permasalahan ini, segera turun kelapangan bila perlu tindak tegas terhadap kendaraan yang bertonase lebih besar, mengingat jalan ini hanya di gunakan untuk memudahkan masyarakat beraktivitas dan bukan untuk kendaraan tonase bermuatan lebih dari 8 ton.

“Saya berharap kepada pemerintah daerah Ogan Komering Ulu (OKU) agar dapat memperhatikan jalan Cor Beton tersebut ” tegasnya.

Saat ini Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten OKU Aminilson belum bisa di temui .(fikri/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here