Jelang Tutup Tahun, DD Tahap III di Sumenep Belum Bisa Dicairkan

SUMENEP, limadetik.com – Menjelang tutup tahun 2018, Dana Desa (DD) tahap III di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur belum bisa dicairkan.

Pasalnya dari 330 desa yang secara administrasi berada di wilayah Pemerintahan Sumenep, yang sudah menyetor Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) pencairan tahap I dan tahap II baru sekitar 200 desa. Sementara salah satu persyaratan untuk pencairan DD tapap III harus selesai menyetor LPJ tahap I dan II.

“Hanya saja dari 200 desa yang sudah masuk laporannya ke kami, serapannya rata-rata baru sekitar 50 persen. Untuk bisa dicairkan tahap III, minimal 75 persen,” terang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Masuni, Senin (19/11/2018).

Pencairan DD dibagi dalam III tahap, yakni tahap I sebesar 20 persen, tahap II 40 persen dan tahap III 40 persen dari plafon anggaran 2018 sekitar Rp 278 miliar lebih.

Masuni mengungkapkan, persyaratan penarikan DD tahap III, dari kabupaten harus menyampaikan hasil konsolidasi tahap I dan tahap II terlebih dahulu kepada Kementrian Keuangan RI. Minimal capaikan serapannya 75 persen dan capaian “out put”-nya 50 persen.

“Apabila laporan tidak bisa dipenuhi hingga batas akhir, maka bisa tidak cair (hangus). Maka dari itu, kami harap desa-desa yang belum menyetor laporan segera menyampaikan,” tukasnya.(hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here