Kalapas : Napi Juga Harus Berperan Penting Dalam Pembangunan

BONDOWOSO, Limadetik.com – Memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang Ke 110 Lembaga Pemasyarakatan Klas II Bondowoso menggelar Upacara Bendera dan Pengukuhan Pasukan Merah Putih Nara Pidana.

Pasukan ini beranggotakan perwakilan dari beberapa warga binaan yang jumlahnya sekitar 30 orang yang terdiri 27 napi laki-laki dan 3 napi perempuan.

Dikukuhkannya Pasukan Merah Putih ini bertujuan sebagai bakti narapidana kepada negara sebagai wujud nyata untuk berperan aktif dalam mengisi pembangunan di masyarakat.

Hal ini disampaikan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Klas II Bondowoso Djoko Budi Setianto. Dijelaskan peran aktif warga binaan sangat diperlukan untuk masyarakat.

“Meski warga binaan berada didalam lapas namun harus tetap punya aktifitas, jadi saya berharap ke 30 warga binaan yang dikukuhkan untuk¬† ikut aktif dalam pembangunan seperti ikut pelatihan kerja yang dilaksanakan BLK, aktif dalam kegiatan sosial, dalam kegiatan keagamaan baik didalam maupun diluar lapas” ujar Djoko dikantornya Senin (21/5/2018).

Djoko juga berharap warga binaan yang sudah dikukuhkan dan yang juga sudah mendapat pelatihan keterampilan bisa langsung dipraktikan membantu masyarakat.

Pengukuhan warga binaan menjadi Pasukan Merah Putih tidak saja dilaksanakan di Bondowoso namun diseluruh Lembaga Pemasyarakatan di Indonesia. Pengukuhan ini dilaksanakan secara simbolis oleh Kalapas dengan menyematkan pita merah putih kepada perwakilan warga binaan. (budhi/rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here