https://limadetik.com/

Keadaan  Pendidikan Indonesia Dimasa Covid-19

  • Bagikan
IMG 20210109 202607 e1610199610957
Foto: Risya Karunia, Mahasiswi Unmuh Malang

Penulis       : Risya Karunia

Mahasiswi : Universitas Muhammadiyah Malang

https://limadetik.com/

Prodi           : Akuntansi FEB, Semester 5 A


 

Corona  virus 19 (Covid-19) menjadi sebuah tantangan yang telah  terjadi dari beberapa aspek. Banyak sekali upaya kebijakan  yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia, salah satunya ialah dengan mengeluarkan arahan untuk merubah system pembelajaran di semua instansi pendidikan.  Dari system tatap muka menjadi daring.

Pandemi Covid-19 memberikan sebuah gambaran  atas kelangsungan dunia pendidikan melalui bantuan teknologi, namun teknologi pun tetap tidak dapat menggantikan peranan guru, dosen serta kegiatan belajar antara pelajar dan pengajar secara tatap muka. Edukasi merupakan hal yang  bukan hanya sekedar memperoleh pengetahuan tetapi juga tentang nilai, kerjasama serta kompetisi. Di situasi pademi ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi kreativitas setiap individu dalam menggunakan teknologi untuk mengembangkan dunia pendidikan di masa yang akan datang.

Dalam kondisi pandemic Covid-19 ini pun memiliki poin keuntungan maupun kerugian yang di hasilkan bagi system pendidikan nasional di Indonesia. Salah satu poin keuntungannya ialah memicu percepatan transformasi pendidikan yang dimana pemerintah memberlakukan system pendidikan jarak jauh yang mengharuskan lembaga pendidikan, guru, dan siswa agar mengerti teknologi. Hal ini memicu percepatan transformasi teknologi.

Untuk poin yang merugikan bagi pendidikan di Indonesia ialah meningkatnya risiko berbahaya , khususnya untuk jengjang sekolah  dari tingkat dasar maupun atas . Salah satu hal yang membahayakan ialah seperti cyberbullying maupun konten negative berupa iklan yang muncul.  Hal ini dapat mempengaruhi mental anak yang berkembang dan bisa menurunkan kualitas sumber daya manusia yang berkualitas.

Di masa pandemic covid-19 ini peranan orang tua pun sangatlah penting dalam pengawasan pembelajaran maupun aktivitas  system daring yang menggunakan gadged sebagai teknologi,  guna menghindari hal yang tidak diinginkan.  Pemerintah perlu memberikan perhatian khusus kepada masyarakat desa yang kurang mengenal teknologi, agar mereka paham akan dampak negative maupun positif dari teknologi dan bisa memperhatikan aktivitas anak-anak dalam menggunakan teknologi. Karena seperti yang kita ketahui masih banyak orang tua yang awam akan teknologi khususnya internet.

Keadaan pendidikan Indonesia di masa pandemi covid-19 ini merupakan tantangan untuk pemerintah  yang memang harus diperhatikan lebih. Walaupun banyak memiliki segi negatifnya ketimbang positifnya namun marilah kita tetap bersyukur dan saya pun berharap bahwasanya pandemi Covid-19  ini cepat teratasi sehingga proses belajar mengajar secara tatap muka bisa berjalan lagi, dan sehingga pembelajaran pun lebih efektif.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan