UA-110482044-1, G-W7VVX1GT8W

Kemenag Sumenep Gelar Bimtek PKB Bagi Kepala Madrasah

Kemenag Sumenep Gelar Bimtek PKB Tingkat Madrasah
FOTO: Kasi Pendma Kemenag Sumenep, H.Mohammad Shadik, M.Pd (tengah) saat memberikan arahan pada para peserta Bimtek PKB

LIMADETIK.COM, SUMENEP – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau PKB bagi Kepala Madrasah pada jenjang MI, MTs, MA di Kabupaten Sumenep untuk meningkatkan kwalitas pendidikan di sekolah/madrasah.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kamenag) Kabupaten Sumenep, H. Chaironi Hidayat, melalui Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Pendma) H.Mohammad Shadik mengatakan, kegiatan Bimtek PKB sebagai upaya pemerintah terus meningkatkan kwalitas guru dan siswa di Madrasah ataupun sekolah.

“Ini kita khususkan bimtek bagi kepala madrasah pada Kelompok Kerja Madrasah (KKM) untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di madrasah, sehingga kedepan kepala madrasah benar benar bisa memiliki daya saing dengan lembaga lembaga yang lain” kata Kasi Pendma, saat membuka acara bimtek PKB di Hotel Asmi Sumenep, Senin (28/11/2022).

Baca Juga :   Jelang Akhir Tahun 2022, Trend TBC di Kota Sumenep Terus Menurun

Menurutnya, pelaksanaan Bimtek Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) ini merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan agar tugas kepala madrasah dalam mengelola lembaga bisa teratasi dengan baik.

“Jadi bimtek ini nantinya akan menghasilkan kepala sekolah dan guru yang profesional, hingga semua yang berkaitan dengan data dapat tertata dengan tertib, baik data siswa maupun data sekolah dapat difahami secara menyeluruh” terangnya.

Kegiatan bimtek PKB sendiri kata Kasi Pendma, diikuti oleh Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (KKMI), KKMTs dan KKMA dari enam Kecamatan yang terdiri dari dua Kecamatan Kepulauan dan empat Kecamatan daratan.

“Pesertanya dibagi menjadi tiga kelompok, karena Fasilitator Daerah (Fasda) nya ada tiga orang. Jadi acaranya kita laksanakan selama 6 hari, dibagi tiap fasda. Ini karena kita belum punya fasda sendiri, jadi kita suport fasilitator dari Kanwil Kemenag Jatim” ungkapnya.

Baca Juga :   Semangat Ramadan di Tengah Pandemi, Pondok-Pesantren Qomaruddin Gelar Ngaji Kilatan

Mantan Kasi Zawa Kemenag Sumenep itu berharap, agar peserta bimtek PKB benar benar serius mengikuti kegiatan, sehingga ada hasil yang dibawa ketika pulang atau kembali ke madrasah.

“Semoga, semua peserta bimtek PKB ini nantinya bisa mengaplikasikan apa yang didapatkan dari kegiatan ini (bimtek, red) sehingga apa yang menjadi harapan madrasah benar benar tercapai” tandasnya.

Sementara itu, Fasilitator Provinsi (Fasprov) Kanwil Kemenag Jatim, Mohammad Efendi menyampaikan, selama acara bimtek PKB berlangsung di Kabupaten Sumenep dirinya tidak mendapatkan kesulitan apapun, termasuk peserta yang dirasa bisa menerima materi yang disampaikan atua disajikan fasda/fasprov.

Baca Juga :   Mahasiswa UTM gandeng Madrasah Al Hidayah dalam Sosisalisasi Teknologi Robotika

“Alhamdulillah, semuanya lancar ya, dan ini hari kedua saya mengisi kegiatan bimtek PKB di Sumenep, semoga setelah ini bisa dikembangkan dan berkelanjutan pada madrasah” ucapanya singkat.

Tinggalkan Balasan