https://limadetik.com/

Kenalkan Batik Pada Murid, Dinas Pendidikan Gelar Kompetisi Nasional dan Lomba Seni

  • Bagikan
IMG 20200312 WA0069
Dari tengah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Bambang Budi Musrika saat meninjau langsung acara Kompetisi Nasional dan Lomba seni (foto: Wahyudi/file)

BANGKALAN, Limadetik.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur menggelar Kompetisi Sains Nasional dan Lomba Seni Nasional Tingkat SD se-kabupaten yang diadakan Dinas Pendidikan Kabupaten setempat.

Pada kompetisi tahun ini, Dinas pendidikan menyisipkan kompetesi membatik, sebuah ajang yang jarang dilombakan khususnya di Kabupaten Bangkalan.

https://limadetik.com/

Tangan terampil anak-anak lihai menorehkan lilin di atas kain yang telah disiapkan. Mereka menggambarkan corak dan berbagai macam motif.

Kepala Bidang SD Disdik Bangkalan Ya’kub mengungkapkan, membatik dipilih sebagai salah satu lomba dengan alasan mengenalkan tradisi leluhur yang ada di Kabupaten Bangkalan.

Batik sebagai warisan budaya Nusantara diharapkan dapat dikenal dan dilestarikan oleh anak-anak sejak dini.

“Kami sengaja melibatkan anak-anak, untuk mengenalkan budaya batik sejak dini,” ungkapnya.

Ada beberapa  poin penilaian dalam lomba ini yakni keunikan desain batik, kearifan lokal, cantingan, pewarnaan dan kreatifitas.

IMG 20200312 WA0068
Sejumlah peserta lomba terlihat focus mengerjakan tugasnya (foto: Wahyudi)

“Nanti lebih lengkapnya tanya pada dewan jurinya,” imbuhnya.

Tak hanya membatik, Disdik Bangkalan juga memperlombakan 9 lo lain, tujuannya, untuk menjaring perwakilan pada lomba serupa di tingkat propinsi.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bambang Budi Mustika mengungkapkan, jika Kompetisi itu diikuti oleh siswa-siswi terbaik di masing-masing Sekolahnya.

“Jadi kita mencari yang terbaik diantara yang terbaik, untuk mewakili Bangkalan di provinsi nanti,” terangnya, Kamis (11/03/2020).

Pada ajang yang diadakan di SDN Kemayoran 01, ada 10 macam kompetisi yang akan dipertandingkan, 7 diantaranya lomba berjenjang dan 3 lomba muatan lokal Bangkalan.

“3 lomba muatan lokal seperti lomba membatik, MHQ (Musabaqoh Hifdzil Qur’an) dan pidato bahasa Madura,”ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap, kompetisi yang menjadi agenda  tahunan tersebut betul – betul dilaksanakan secara serius dan profesional.

Sehingga nantinya diperoleh duta-duta berbobot yang mewakili Kabupaten Bangkalan pada lomba yang sama di tingkat Provinsi Jatim dilanjutkan ketingkat nasional nanti.

“Saya harap tim juri harus netral dalam menjaring wakil-wakil Kabupaten Bangkalan yang akan dikirim dalam lomba yang sama ditingkat Provinsi Jatim,” harapnya.

Reporter: Wahyudi.

Editor    : Yudi

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan