https://limadetik.com/

Kerinduan Seorang Mahasiswa

  • Bagikan
IMG 20210116 WA0005 e1610760943647

Oleh : Moh. Rofiq Risandi

Sahabat Al-Fanani Komisariat Universitas Islam Malang

https://limadetik.com/

 

Sudah lama rasanya tidak berdealiktika dalam dunia kampus, sudah lama rasanya tidak berteriak di depan dosen, kurang lebih satu tahun kita berada dalam dunia yang sangat sengit untuk di bicarakan. Pembelajaran daring yang menjadi kontroversial bagi setip mahasiswa ada yang mengatakan bahwasanya kuliah daring itu adalah hal yang asyik untuk dilakukan dan ada pula yang mengatakan bahwasanya kuliah daring itu membodohkan dan sistem pembelajaranya itu sangat tidak efektif.

Pertanyaannya, langkah apa yang akan dilakukakn oleh pemerintah dan pejabat kampus untuk mengatasi persoalan-persoalan yang ada dan apakah pemerintah dan pihak yang berwenang akan memanfaatkan situasi saat ini untuk kepentingannya masing-masing.

Dan lagi-lagi yang sangat menarik untuk di bahasa pada saat ini kebijakan kampus yang tidak jelas terkait pembelajaran apakah dilakukan dengan daring apa gimana, sampai saat sekarang ini tidak ada kebijakan yang jelas terkait hal itu tidak ada surat edaran terkait hal itu mereka hanya mengeluarkan peryataan dan tidak di implementasikan dalam bentuk surat edaran.

Hai.. Mahasiswa apakah kita akan diam saja? Dan apakah kita akan menyuarakan keresahan yang ada dalam benak kita? Mari kita balas kerinduan yang ada dalam jiwa kita untuk menyuarakan itu semua, kita harus mengumandangkan sumpah mahasiswa dan menyanyikan lagu buruh tani untuk menanamkan jiwa-jiwa perlawanan dan saatnya kita harus bergerak ketika kita melihat ketimpangan sosial yang ada dalam kampus, jangan hanya patuh dan tunduk saja kepada mereka-mereka.

Teringat perkataan Wiji Thukul “ketika usul ditolak tanpa di pertimbangakan suara dibungkam tanpa alasan di tuduh subversif mengganggu keamanan maka hanya ada satu kata LAWAN.!!. Lama sudah rasanya kita tidak berkoar-koar di depan gedung yang menjulang ke langit. Lama sudah rasanya kita tidak berjemur di terik matahari yang begitu panas.

Saatnya kita melepas rindu yang selama ini menggebu-gebu pada diri kita. Kampus sekarang sudah tidak peduli dengan kita, sudah tidak lagi memperhitungkan kita sebagai mahasiswa, lagi lagi tidak ada potongan dari kampus terkait pembayaran SPP dan meskipun ada itu hanya beberapa persen saja.

Saya merasa bingung ketika mendengar hal itu, ini kampus apa memang memanggil kita untuk menyuarakan itu semua apa mereka juga rindu kepada mahasiswanya yang sudah lama tidak ada didepan gedung yang sangat istimewa, mungkin mereka rindu juga kepada kita ketika mengumandangkan sumpah mahasiswa, sebuah simalakama yang ada dalam fikiran kita.

#Unismaruwet #Unismamemanggil

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan