Scroll Untuk Membaca Artikel
Wisata

Kunjungan Wisata di Sumenep Saat Libur Nataru Meningkat Tajam

×

Kunjungan Wisata di Sumenep Saat Libur Nataru Meningkat Tajam

Sebarkan artikel ini
Kunjungan Wisata di Sumenep Saat Libur Nataru Meningkat Tajam
FOTO: Kepala UPT Museum Keraton Sumenep, Moh.Erfandi

LIMADETIK.COM, SUMENEP – Kunjungan wisata di Kabupaten Sumenep saat libur natal 2022 dan jelang tahun baru 2023 terus meningkat. Tidak hanya wusatawan lokal, namun lebih didominasi wisatawan luar daerah hingga wisatawan manca negara.

Kepala UPT Meseum Keraton Sumenep, Moh.Erfandi mengatakan, sejak libur natal tahun 2022, kunjungan wisata cukup signifikan. Terhitung dalam satu minggu di bulan Desember 2022, ratusan wisatawan yang sudah datang berkunjung, khususnya di museum Keraton Sumenep.

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

“Alhamdulillah, dalam beberapa hari terakhir ini, kami (UPT Museum Keraton) bisa mencapai Rp 4 juta lebih. Ini juga berkah bagi para pedagang atau UMKM yang ada di Kabupaten Sumenep” katanya, Senin (26/12/2022).

Eefandi menyebutkan, meningkatnya kunjungan wisata di Kabupaten Sumenep, sejak pandemi covid-19 dinyatakan landai dan dilonggarkannya pemakaian masker oleh pemerintah.

“Tentu ini adalah hal yang sangat dinanti oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Sumenep. Ini sangat berdampak baik terhadap perekonomian masyarakat kita” ucapnya.

Kata Kepala UPT Museum Keraton Sumenep melanjutkan, sejak dua tahun terakhir, kunjungan wisata bisa dibilang lumpuh. Namun pihaknya senantiasa berusaha tetap istiqomah merawat dan menjaga keberadaan wisata yang ada, khususnya Museum Keraton yang merupakan icon kebanggaan masyarakat Kabupaten di ujung timur pulau madura tersebut.

Kunjungan Wisata di Sumenep Saat Libur Nataru Meningkat Tajam
FOTO: Para pengunjung wisata di Meseum Kraton Sumenep

“Saat pandemi covid selama dua tahun terakhir, pengunjung nyaris tidak ada yang datang, karena memang juga saat itu (pandemi) wisata dibatasi dengan ketat” terangnya.

Sementara itu, Mahesa, pengunjung wisata asal Kabupaten Jember mengutarakan kekagumannya dengan destinasi wisata yang ada di Museum Keraton Sumenep. Ia mengatakan, keberadaan wisata di Sumenep masing sangat terpelihara keasliannya.

“Tadi kami tiba di Sumenep jam 1 malam langsung ke Asta Tinggi, kami melihat apa yang ada disana (Asta Tinggi) sangat mengagumkan, keasliannya benar-benar masih terjaga” katanya.

Ibu-ibu dari salah satu kumpulan pengajian Kabupaten Jember itu berharap, kunjungan wisata religi di Kabupaten Sumenep bisa mendapatkan berkah dari Allah SWT. Baik berkah sehat, rizqi dan umur.

“Setelah dari Museum Keraton, rombongan kami akan menuju Asta Sayyid Yusuf di Pulau Talango. Semoga ziarah atau wisata religi ini bermanfaat bagi kita semua” ujarnya berharap.

Sebagaimana dalam pantauan media ini di lapangan, setidaknya untuk pagi Senin 26 Desember 2022 ada 70 sampai 80 orang pengunjung wisata yang berkunjung ke Museum Keraton Sumenep yang terdiri dari Dewasa dan anak-anak.

× How can I help you?