KH.Ma'ruf Amin di samping kiri Gus Ipul saat acara istighosah kubro dimulai

SIDOARJO, Limadetik.com — Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menggelar doa bersama yang dikemas dalam Istighotsah Kubro, dalam acara ini, lautan manusia pun memadati Gelanggang Olah Raga (GOR) Delta Sidoarjo, Jawa Timur mengikuti acara kali ini, bahkan dari saking banyaknya jamaah yang hadir memadati tempat yang berkapasitas 46.000 ribu orang, panitia pun harus memakai lapangan bola termasuk area di sekitar hingga ke jalan yang diperkirakan mencapai ratusan ribu orang hadir. Acara Istighotsah ini berlangsung pada Minggu, (28/10/2018) tepat pada pukul 06.00 Wib.

“Kita udah gak ada tempat, di dalam sudah penuh. Mangkanya kami memilih di luar stadion,itu pun di sini sudah full juga sama orang-orang yang hadir mas” kata salah satu jamaah, M Tajudin (36) warga Madiun.

lautan manusia membanjiri GOR Delta Sidoarjo

Ketua PWNU Jawa Timur, KH. Marzuki Mustamar dalam sambutannya sesaat sebelum acara dimulai menyampaikan, bahwa tujuan diselenggarakannya acara Istighisah Kubro ini merupakan salah satu cara untuk berdoa bersama-sama memohon kepada Allah SWT, akan keselamatan Bangsa dan Negara sesuai dengan temanya “Mengetuk Pintu Langit, Membuka Pintu Surga”. Acara Istighosah Kubra ini pun rutin tiap tahun dilaksanakan PWNU Jawa Timur.

“Kita semua memohon dan bermunajah dalam Istighosah ini,semoga pintu langit dibukakan dan pintu surga dibukakan untuk kita semua, sehingga kerukunan dalam berbangsa dan bernegara senantiasa terjaga selalu” ucapnya.

sebagian besar jamaah di luar stadion Delta sidoarjo

Selain itu, ditambahkan KH.Marzuki Mustamar, bahwasanya Warga Nahdliyin sangatlah cinta dan menghormati para Ulama, habaib, Masayikh, dan para Kiai, namun semua itu, belakangan ini Warga Nahdliyin sering difitnah, benci Ulama, benci Habaib, Benci Masayikh, dan benci Kiai dan sebagainya,semua itu tidak benar.

“Yang Anti dengan Habaib, bukan Wargta NU, yang anti Masayikh bukan warga NU. Warga NU menjadikan Habaib dan Kiai sebagai panutan” terang Kiai Marzuki.

Sebelum acara dimulai, selepas salat Subuh, saat warga Nahdliyin masuk ke stadion, diajak melantunkan sholawat bersama-sama. Kemudian dilanjutkan iringan musik qosidah subbanul Muslimin dari Probolinggo. Dalam acara ini hadir di antaranya; Ketua MUI KH Ma’ruf Amin, Rois Syuriah PW NU Jatim KH Ma’ruf Mansur, KH Agus Ali Masyhuri dan lainnya.

Selain KH.Ma’ruf Amin, nampak terlihat hadir juga Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, Menakertrans, Hanif Dhakiri dan Menristek Dikti M Nasir. Gubernur Jatim beserta Wakilnya Soekarwo dan Gus Ipul, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam Brawijaya Mayor Jenderal Arif Rahman. (yd)

Reporter  : Fauzi, E

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here