Legislatif Desak Eksekutif Segera Isi Kepemimpinan BUMD

SUMENEP, limadetik.com – Wakil Ketua Komisi II, DPRD Sumenep, Jawa Timur  Badrul Aini mendesak agar eksekutif segera mengisi jabatan Direktur di PT Sumekar. PT Sumekar merupakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Rekrutmen Direktur PT Sumekar segera dilaksanakan, sehingga kekosongan itu segera terisi,” katanya, Selasa (30/10/2018).

Pasalnya, sejak Direktur PT Sumekar, M. Rasul Junaidy mengundurkan diri karena mendaftar sebagai Calon Legislatif (Caleg) di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, hingga saat ini belum terisi.

Politisi PBB itu mengatakan seleksi itu harus dilakukan secara profesional. Itu sebagai langkah untuk menciptakan pemerintahan yang ‘good governance’.

“Dirut wajib orang yang punya kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) yang mumpuni, berpengalaman, bukan berdasar ‘like and dislike’. Jangan sampai hanya berdasarkan simpatisan atau tim sukses yang nganggur lalu diberi posisi dirut BUMD,” tegasnya.

Menurutnya, Direktur PT Sumekar nantinya harus memiliki visi yang jelas, utamanya mengenai pelayaran. Bahkan akan lebih baik apabila dijadikan syarat bagi calon dirut.

“Sehingga nantinya mereka juga harus berjuang agar dapat tender subsidi dari pusat untuk pelayaran rute kepulauan,” ucapnya.

Dirinya menilai, selama ini PT Sumekar tidak memiliki visi yang jelas, sehingga kesannya di masyarakat pelayanan lebih baik perusahaan swasta.

“Masak kalah dengan perusahaan swasta seperti Dharma Lautan yang dapat subsidi trayek Pulau Sepudi – Raas dan Situbondo. Sehingga tarif tidak mahal dan masyarakat diuntungkan. Di sisi lain perusahaaan tetap tidak rugi,” tukasnya.

Sementara itu, beberapa waktu lalu, Bupati Sumenep, A. Busyro Karim mengatakan kekosongan itu belum terisi karena masih dalam proses. Sebab, kekosongan Direktur tidak serta merata diisi dengan cara penunjukan.

“Masih diproses, nanti akan diisi dengan sistem seleksi,” katanya. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here