LPBINU Kebumen Pimpin Aksi Bersih Sampah Pada Perhelatan Manaqib Kubro

KEBUMEN, Limadetik.com — Pasukan semut yang dikoordinasi langsung oleh Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kebumen melakukan aksi bersih-bersih sampah pada perhelatan Manaqib Kubro Jaringan Kiai dan Santri Nasional (JKSN) di Stadion Candradimuka, Kebumen, Jawa Tengah, Sabtu (9/3/2019).

Ketua LPBINU Kebumen, Mukhsinun mengatakan bahwa aksi ini merupakan bentuk dari gotong royong kepedulian terhadap lingkungan, membersihkan sampah pada prinsipnya adalah kegiatan baik, bentuk aplikasi dari menjaga kebersihan sebagian dari iman.

“Sesuai intruksi dari LPBINU Pusat, aksi semacam ini memang positif dan diharapkan agar terus berkelanjutan agar bisa memunculkan kesadaran kepada masyarakat terhadap pentingnya membuang sampah pada tempatnya, dan mengurangi penggunaan sampah plastik,” katanya.

Mukhsinun mengatakan bahwa LPBINU Kebumen akan terus mengkampanyekan gerakan 2019 bebas sampah, mengingat rekomendasi hasil Munas dan Konbes NU 2019 yang membahas bahaya sampah plastik hingga hukum membuang sampah sembarangan dan merekomendasikan kepada pemerintah bahwa haram hukumnya membuang sampah sembarangan.

“Seperti yang saya sampaikan tadi bahwa menjaga kebersihan sebagian dari iman maka itu membuang sampah sembarang menunjukkan kualitas iman yang lemah, nah mari kita jaga bersama kebersihan lingkungan dimulai dari diri kita sendiri untuk tidak membuang sampah sembarangan, serta mengurangi penggunaan sampah plastik,” pungkasnya.

Dalam Manaqib Kubro tersebut tampak hadir Rois Syuriah PCNU Kebumen yang juga pengasuh pesantren tertua di Indonesia Al-Kahfi Somalangu, KH. Afifudin Chanif Alhasani dan Wakil Syuriah PWNU Jawa Tengah yang juga pengasuh pesantren An-Nawawi, Berjan, KH. Chalwani Nawawi, dan diikuti oleh seluruh jaringan Nahdliyin se-Kebumen. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here