https://limadetik.com/

Masa Taaruf Siswa Madrasah, Kasi Pendma Kamenag Sumenep Pastikan Tanpa Peloncoan

Penulis: WahyuEditor: Suwandi
  • Bagikan
Masa Taaruf Siswa Madrasah, Kasi Pendma Kamenag Sumenep Pastikan Tanpa Peloncoan
FOTO: Kasi Pendma H.Muhammad Shadiq, M.Pd

LIMADETIK.com, Sumenep – Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) baik negeri maupun swasta yang berada di bawah naungan Kantor Kemeterian Agama (Kemwnag) Sumenep, Jawa Timur dipastikan berjalan lancar dan aman tanpa peloncoan terhadap siswa peserta di tahun ajaran baru 2022/2023.

Hal itu dipastikan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Pendma) Kemenag Sumenep, H.Mohammad Shadiq, ia mengatakan, jauh hari sebelum dimulainya masa taaruf atau perkenalan siswa di madrasah pohaknya sudah mengirimkan surat edaran (SE) bagi semua madrasah melalui pengawas masing-masing yang berisi tentang himbauan sekaligus larangan bagi madrasah melakukan peloncoan saat taaruf.

https://limadetik.com/

“Di kami (Kemenag) Masa Taaruf Siswa Madrasah atau pengenalan madrasah bagi siswa baru tidak boleh ada tindakan kasar. Semuanya harus dilakukan dengan cara yang wajar, sehingga mental siswa ini terbangun dengan baik. Apa lagi di kita (madrasah) basisnya pendidikan agama” katanya, Rabu (20/72022) saat ditemui di ruang kerjanya.

Mantan Pengawas Madrasah itu melanjutkan, semua kegiatan taaruf harus diisi dengan hal yang positif dan wajar. Sama halnya baris berbaris, mengaji dan hal positif lainnya.

“Jadi kita pastikan pelaksanaan Matsama ini sejalan dengan ruh pendidikan Agama Islam, dan jelas diawasi secara ketat oleh para dewan guru yang ada di lembaga masing-masing, agar semuanya berjalan dengan sangat baik” terangnya.

Kasi Pendma menambahkan, pelaksanaan masa taaruf siswa madrasah tidak boleh lebih dari satu minggu, agar siswa tidak merasa jenuh dan mentalnya tidak terbebanni hanya karena kegiatan Matsama.

“Pelasanaan masa taaruf ini tidak boleh lebih dari tujuh hari atau satu minggu, biar semangat siswa baru ini tetap terjaga hingga akhirnya nanti aktif masuk seperti biasa. Dan pelaksanaan Matsama ini diikuti lebih dari 90 persen madrasah secara serentak” tukasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan