https://limadetik.com/

Membanggakan, Pemkab Pamekasan Raih Penghargaan ‘POCADI’ dari Perpusnas RI

Penulis: Adv/ArifEditor: Wahyu
  • Bagikan
Membanggakan, Pemkab Pamekasan Raih Penghargaan 'POCADI' dari Perpusnas RI
FOTO: Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam saat menerima penghargaan dari Perpusnas RI di Gedung Negara Grahadi Surabaya

PAMEKASAN, Limadetik.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, kembali meraih penghargaan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) kategori Pojok Baca Digital (Pocadi) di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (17/4/2022).

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional Repuplik Indonesia, Muhammad Syarif Bando kepada Bupati Pamekasan Baddrut Tamam. Momentum bersejarah itu disaksikan langsung Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa.

https://limadetik.com/

Penganugerahan dengan tema ‘Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat untuk Kesejahteraan’ itu dihadiri oleh Bupati Sampang, Bupati Nganjuk, Bupati Madiun, Bupati Trenggalek, Bupati Gresik, Bupati Jember, Bupati Tuban, Bupati Probolinggo, Bupati Lamongan, Wali Kota Batu, Wali Kota Mojokerto, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, dan Ketua Komisi E DPRD Jatim.

Prestasi tersebut tidak lepas dari kerja keras dan inovasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Pamekasan dalam mempermudah pembaca mengakses sumber bacaan untuk mendorong cita-cita Bupati Baddrut Tamam sebagai kabupaten literasi tahun 2022.

“Terima kasih kepada Kepala Perpustaan Nasional Republik Indonesia atas penghargaan Pojok Baca Digital untuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Pemkab Pamekasan. Terima kasih kepada Ibu Gubernur atas bimbingan dan arahannya,” ucap Bupati Baddrut Tamam.

Bupati muda dan murah senyum itu mengungkapkan, adanya Pojok Baca Digital mampu meningkatkan gerakan literasi masyarakat Pamekasan untuk membangun peradaban berkemajuan dan berkebaruan dimasa yang akan datang.

“Pojok Baca Digital ini diharapkan semakin meningkatkan semangat gerakan literasi di Pamekasan. Perpustakaan adalah gudang ilmu dan peradaban, sedang membaca adalah satu-satunya cara untuk memasuki dan memahami peradaban itu,” tutur Mas tamam sapaan akrab Bupati dengan sederet prestasi itu.

Menurut Mas Tamam, membaca akan membuka cakrawala berpikir seseorang, mendapat ilmu pengetahuan baru, serta mengubah pradigma konvensional menuju pradigma yang lebih produktif.

“Betapa pentingnya membaca buku hingga Joseph Brodsky berkata ada kejahatan yang lebih kejam dari pada membakar buku, salah satunya tidak membacanya,” tandasnya, mengakhiri wawancara dengan wartawan.

Sementara, Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Pamekasan, Prama Jaya bangga dengan raihan penghargaan tersebut dan berharap menjadi motivasi untuk lebih inovatif di masa yang akan dating.

“Mudah-mudahan penghargaan ini menjadi pelecut bagi kami untuk bekerja lebih baik lagi,” ujar Prama Jaya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan