Partisipasi Pemilih Pilgub di Sumenep Hanya Mencapai 60 Persen

SUMENEP, Limadetik.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur manargetkan angka partisipasi pemilih mencapai 70 persen. Tetapi pada hari H Pilgub Jatim, partisipasi pemilih hanya diprediksi sekitar 50 hingga 60 persen.

Hal itu diungkapkan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sumenep, Kamis (28/6/2018).

“Berdasarkan hasil pemantauan kami, angka partisipasi pemilih pada kisaran 50 persen hingga 60 persen. Rendahnya angka partisipasi Ini wajib dievaluasi, utamanya oleh KPU Sumenep,” kata Komisioner Panwaslu Sumenep, Imam Syafi`i.

Dalam melakukan pemantauan,Panwaslu Sumenep yang membentuk tiga tim melakukan pemungutan suara secara acak di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di 18 kecamatan.

Menurut pria yang karib disama Imam, angka partisipasi calon pemilih yang cukup rendah itu tidak hanya terjadi di beberapa kecamatan. Bahkan, di beberapa TPS yang dicek langsung oleh komisioner Panwaslu Sumenep, jumlah pemilih hingga pukul 12.00 WIB atau menjelang berakhirnya waktu pencoblosan masih di bawah 50 persen.

“Angka partisipasi rendah. Hampir ditutupnya waktu memilih (pukul 12.00) angka partisipasi masih di bawah 50 persen,” tukasnya. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here