Scroll Untuk Membaca Artikel
Opini

Pemanfaatan sosial media berbasis WhatsApp untuk meningkatkan kualitas pelayanan public di masyarakat

×

Pemanfaatan sosial media berbasis WhatsApp untuk meningkatkan kualitas pelayanan public di masyarakat

Sebarkan artikel ini
Pemanfaatan sosial media berbasis WhatsApp untuk meningkatkan kualitas pelayanan public di masyarakat
Ilustrasi

Pemanfaatan sosial media berbasis Whaatsap untuk meningkatkan kualitas pelayanan public di masyarakat

Oleh : Adelwina Hurry Putri Wibowo
Prodi: Administrasi Public
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA)

_______________________

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

OPINI – Pada zaman dahulu, fasilitas berkomunikasi sangatlah terbatas bahkan terbilang sulit. Pada zaman dulu saat kita ingin mengirim pesan kita hanya bisa melalui surat. Dan itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Setelah beberapa taun kemudian, mulai muncul alat komunikasi yang cukup canggih, yaitu telpon. Pada taun 2000an, telfon selular sangatlah popular untuk mempermudah kita mengirim pesan. Tapi keberadaan telepon masih belum cukup canggih untuk berkomunikasi. Dikarenakan harga telepon yang tak murah, dan biaya untuk mengirim pesan juga mahal.

Di era teknologi saat ini, komunikasi dapat di akses dengan sangat mudah dan cepat. Tak hanya kalangan orang kota saja, bahkan di desa sudah mulai bisa mengakses teknologi. Teknologi juga berkembang sampai di tempat pelosok desa sekalipun. Bahkan semua orang bisa mengakses teknologi itu.

Seiring berjalannya waktu, manusia mulai mengembangkan teknologi, salah satunya teknologi komunikasi. Teknologi komunikasi saat ini yang paling pesat, paling banyak digunakan, paling murah dan paling mudah untuk kita gunakan yaitu teknologi komunikasi yang bernama whatsap.

Whatsaap merupakan sarana komunikasi berbasis sosial media yang bisa untuk menelfon atau mengirim pesan kepada teman, keluarga, kerabat, rekan kerja dan orang lain. Penggunaan whaatsap ini sudah digunakan lebih dari 2 juta penduduk Indonesia. Dikarenakan whatsaap ialah sarana komunikasi yang murah dan mudah untuk diakses oleh siapa saja.

Lalu berhubungan dengan pelayanan administrasi public, WhatsApp dapat digunakan untuk membantu dan mempermudah masyarakat untuk mempromosikan layanan public yang tersedia di suatu daerah. Dengan adanya WhatsApp, masyarakat dapat menghubungi admin dari pelayanan public dan mengatasi keluhan atau masalah yang dialami masyarakat tanpa harus datang ke kantor pelayanan public.

Bukan hanya itu saja, bahkan adanya sarana whatsaap, masyarakat bisa dengan cepat mengetahui sumber informasi yang di promosikan oleh admin pelayanan public dengan cepat tanpa perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal atau menghabiskan waktu yang lama.

Jadi, memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini sangatlah penting khususnya untuk bidang administrasi public. Untuk generasi milenial yang semakin maju dan modern, kita juga dituntut untuk terus berinovasi pada bidang teknologi apapun agar kita semakin menambah wawasan, dan memberikan manfaat yang baik untuk masyarakat.
__________________________

Opini ini dipublish sebagai tugas perkuliahan penulis di universitas Muhammadiyah sidoarjo

× How can I help you?