Doc. Limadetikcom

KAPUAS, Limadetik.com — Kementerian Desa (Kemendes) Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) terus mendorong desa-desa yang ada di Indonesia untuk membangun infrastruktur desa dengan menggunakan dana yang telah dikucurkan.

Desa Bakungin salah satu dari sejumlah desa di Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) adalah salah satu desa yang telah memanfaatkan dana desa demi membangun Infrastruktur, Kamis (26/7/18).

Aserani Kepala Desa Bakungin, saat ini bersama dengan warga desa Bakungin mulai mengerjakan akses jalan cor beton yang berlokasi di Jl. Amanah RT. 07 Desa Bakungin menuju persawahannya, terlihat jelas sekali warga-warga setempat bergotong royong mengerjakan proyek pembangunan infrastruktur perdesaan yang telah dianggarkan Kepala desa Bakungin dari Dana Desa (DD) tahap dua tahun anggaran 2018 dengan nilai pagu Rp. 167.350. 000,- (Seratus Enam Puluh Tujuh Juta Tiga Ratus Lima Puluh) volume panjang 190 meter, lebar 2,5 meter dan ketebalan 0,15 cente meter.

Sedangkan untuk Dana Desa (DD) tahap satu sudah selesai dikerjakan di Jl. Padat Karya RT. 07 dengan nilai pagu Rp. 107.000.000,- (Seratus Tujuh Juta) panjang sekitar 275 meter lebar 1,5 Meter dan ketebalan 0,15 cente meter, proyek pembangunan tersebut mulai dikerjakan oleh Kepala desa Bakungin beserta perangkat desa dan warga nya sesuai dengan instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu Program Padat Karya Tunai (PKT).

“PKT ini bagian dari penyelenggaraan kegiatan yang ada di desa yang bersumber dari Dana Desa. PKT di desa ini salah satunya merupakan arahan dan perintah Bapak Presiden kepada seluruh desa supaya menggunakan 30 persen dari total Dana Desa itu untuk membayar upah pekerja yang dibayar secara harian atau paling lama mingguan,” kata Aserani pada saat dilokasi pekerjaan.

Selain itu, Aserani juga melakukan pemantauan agar para warganya bisa menjalankan sesuai dengan yang ia harapkan, “Melakukan sehingga Program Padat Karya Tunai di desanya ini bisa berjalan sesuai dengan harapan kita bersama untuk mendorong roda ekonomi di desa,” imbuhnya.

Akses jalan yang dibangun ini adalah jalan akses untuk lokasi persawahan, jalan produksi pertanian.

“Ini memudahkan spesifikasi yang dijaga tentunya ada yang namanya tim pengolah kegiatan di desa, terdiri dari aparat desa, tokoh masyarakat dan dibantu oleh instansi teknis dari Dinas PU untuk menjaga kualitas pekerjaan,” tuturnya.

“Adapun pembangunan jalan di Desa Bakungin, Kecamatan Kapuas Hilir ini dilakukan untuk memudahkan akses warga menuju ke area persawahannya, karena mayoritas warga di daerah desa Bakungin ini memang sehari-hari bekerja di sawah,”pungkasnya. (ris/rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here