https://limadetik.com/

Pemuda Desa Kembangkan SDM dengan Literasi

  • Bagikan
IMG 20190929 WA0070

PAMEKASAN, limadetik.com –– Pemuda di Desa Tobung, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur terus genjot masyarakat untuk meningkatkan SDM masyarakat pedesaan dengan mengembangkan minat baca.

Para pemuda Desa ini digembleng untuk mengembangkan Taman Baca Masyaraka (TBM) candid. Halini ini diinisiatif para pemuda desa yang ingin menjadikan masyarakat berkembang walau jauh dari perkotaan dengan cara mengasah kreativiitas, menulis dan gemar membaca.

https://limadetik.com/

Walau rentang waktu yang baru 2 bulan berjalan, namun taman baca ini semakin menorehkan namanya di desa sebagai tempat yang berkualitas, dengan banyaknya dukungan dari orang tua anak yang belajar di komunitas tersebut.

Berdasarkan pengakuan Millah, sekretaris mengaku dirinya sangat senang bisa membantu adik-adik dalam hal peningkatan intelektualnya dengan cara yang sangat menyenangkan tidak seperti yang ada di sekolah formal.

“Untuk sistem yang tengah kita kembangkan adalah potensi mereka dengan tanpa ada paksaan untuk belajar 1 mata pelajaran saja, mereka bisa belajar sesuai kesukaannya.” ungkap pamudi desa itu.

Senada dengan Millah, Yati selaku bendahara komunitas menambahkan, selain membaca dan menulis di dalamnya juga dibuatkan suatu karangan atau karya yang nantinya bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh sekaligus kenangan dari komunitas TBM Candid ini.

“Kita juga menggembleng mereka untuk berkarya seperti membuat karangan tulisan dan itu nanti bisa jadi bukti hasil mereka. Dari karya yang berbahan kardus bekas ini, nanti mereka bawa pulang dan mereka yang akan menggunakannya juga memanfaatkannya.” tukasnya. (bad/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan