SUMENEP, limadetik.com – Perkemahan bertajuk Lomba Prestasi Pramuka Perkemahan Temu Akrab dan Persahabatan (PERANTAS) X digelar Pondok Pesantren Sumber Mas, Rombiya Barat, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Selasa (30/10/2018).

Dalam ajang lomba tersebut memperebutkan Juara Umum, Juara Favorit, Juara 1, Juara 2, dan Juara 3 berdasarkan akumulatif nilai lomba, serta juara 1, 2, dan 3 tiap lomba digelar sejak Minggu (28/10/2018) di Buper daerah Al-Madinah.

“Saya atas nama Kwarcab menyampaikan terima kasih dan selamat atas diselenggarakaannya kegiatan ini, kami sangat mengapresiasi kegiatan ini,” kata Ketua Harian Kwarcab Pramuka Sumenep, Moh. Sirat Aidi yang hadir langsung saat pembukaan Perantas X.

Sirat yang bertindak sebagai inspektur upacara saat pembukaan itu juga mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi, karena kegiatan-kegiatan kemah gerakan pramuka sangat penting untuk terus digelar, dalam rangka menumbuh kembangkan dan membentuk pribadi-pribadi tangguh calon pemimpin masa depan.

Menurutnya, sejarah mencatat, gerakan pramuka sudah banyak melahirkan tokoh-tokoh emas yang mampu berkontribusi besar dalam pembangunan bangsa di eranya masing-masing.

“Kami harapkan, kegiatan ini melahirkan generasi yang berkualitas dimasa depan, sesuai dengan tema yang diusung pada kegiatan kali ini, jika hari ini bangun tenda, maka besok bangun bangsa,” ucapnya.

Dia berpesan, agar kegiatan dapat berjalan dengan baik, jujur dan menjunjung sportifitas, dan ketika sudah selesai kegiatan, nilai-nilai yang didapatkan dapat diaplikasikan dikehidupan sehari-hari.

Untuk peserta, ajang PERANTAS X kali ini, terdapat puluhan regu peserta, delegasi dari berbagai lembaga dan Pondok Pesantren di Madura, diantaranya delegasi dari Ponpes Mabaul Ulum Bata-Bata Pemekasan dan Ponpes Nurul Huda Pakandangan Sumenep.

Usai kegiatan, Ketua Panitia PERANTAS X, Nurul Yaqien menuturkan, Regu Aligator (Kontingen Ponpes Nurul Huda Pakandangan, Bluto) keluar sebagai juara umum dan Regu Al Sinjaba (Kontingen Ponpes Mambaul Ulum Bata-bata Pamekasan) sebagai Juara Favorit.
“Kemudian, Juara 1 Regu Tortuga, Kontingen Arrisalah Ganding, Juara 2 Regu Black Howk, Kontingen Raudatul Ulum Bilaporra dan Juara 3 diraih Regu Spiderzoo Kontingen Mambaul Hikmah Rubaru. Kami ucapkan selamat pada semua juara,” tukasnya.(hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here