Polisi “Goes To School”, Sosialisasi Tertib Berlalulintas Dikalangan Pelajar

BANJARMASIN, Limadetik.com – Direktorat Lalu Lintas Polda Kalimantan Selatan kembali mencanangkan program “Police Go to School” sebagai upaya meningkatkan tertib lalu lintas khususnya di kalangan pelajar, selain itu kegiatan ini juga dilakukan guna menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Dan sekolah yang disambangi oleh Ditlantas Polda Kalsel dalam Kegiatan tersebut ialah SMK Maestro dan SMP Anggrek Banjarmasin.

“Program ini juga merupakan implementasi Undang-Undang Lalu Lintas sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” kata Dirlantas Polda Kalsel Kombes Pol E.Zulpan, SIK, MSi, yang diwakili Kasubdit Dikyasa AKBP Drs. Nina Rahmi, MM dalam rilis yang diterima Limadetik.com, Rabu (1/8).

Ia menjelaskan, kedepannya program “Police Go to School” tidak hanya dilakukan oleh polisi, tetapi juga melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan seperti Dinas Pendidikan, hingga organisasi transportasi di Banjarmasin. Pihaknya juga akan melibatkan motivator dari perwakilan guru dan lembaga pendidikan yang ada di Kota Seribu Sungai.

“Hari ini kegiatan ‘Police Go to School’ kami gelar di hadapan siswa baru dan lama di SMK Maestro dan SMP Anggrek Banjarmasin,” ujar Drs. Nina Rahmi.

Dalam pengarahannya, Drs. Nina Rahmi mengajak seluruh siswa untuk mematuhi peraturan lalu lintas sehingga angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dapat ditekan.

“Meningkatkan kesadaran untuk tertib Lalu lintas tentunya dapat mengurangi jumlah kecelakan Lalu lintas terutama yang disebabkan karena Human Error, dan juga memahami arti rambu rambu lalulintas yang berlaku di jalan raya,” tuturnya.

Dalam sosialisasi itu, petugas Ditlantas Polda Kalsel itu juga menjelaskan sejumlah materi tentang tertib berlalu lintas. Mulai kelengkapan pada saat berkendara, seperti SIM dan STNK hingga kelengkapan kendaraan. Diantaranya penggunaan helm standar, penyalaan lampu pada siang hari termasuk lampu sen saat berbelok juga diingatkan.

“Saya berharap adik-adik pelajar yang mengikuti sosialisasi ini merasa terbantu. Mudah-mudahan informasi yang kami diberikan bisa bermanfaat dan meningkatkan kesadaran kalangan remaja akan pentingnya keselamatan dan tertib berlalu lintas,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut juga merupakan langkah awal kepedulian terhadap keselamatan dijalan raya yang ditandai dengan dibuatnya MoU antara Ditlantas Polda Kalsel dengan pihak sekolah.
(edoz/rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here