oleh

PW Muslimat NU DKI Jakarta bersama KUA Jatinegara Gelar Pelatihan BimWin Bagi Calon Pengantin

JAKARTA, LimaDetik.Com – Pengurus Wilayah (PW) Muslimat NU DKI Jakarta bersama Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Jatinegara melakukan kegiatan pelatihan Bimbingan Perkawinan (BimWin) untuk calon pengantin tepat pada peringatan Hari Pahlawan, Selasa (10/11/2020).

Hal itu dilakukan sesuai dengan program Kementerian Agama RI yang mencanangkan bimbingan bagi seluruh calon pengantin, dan berangkat dari grafik angka perceraian yang selalu meningkat tiap tahunnya, ditambah dengan kasus KDRT di lingkungan keluarga, dan juga permasalahan rumah tangga yang mengorbankan keutuhan rumah tangga, anak, keluarga besar bahkan merambah kepada situasi dan kondisi sosial kemasyarakatan yang terjadi pada keluarga di Indonesia.

PW Muslimat NU juga telah melakukan kajian sesuai data dari berbagai macam riset yang telah dilakukan bahwa penyebab utama dari kegagalan perkawinan dan dampak dari perceraian terjadi karena ketidaktahuan para suami dan istri tentang tujuan dan hakikat dari lembaga pernikahan itu sendiri.

“Oleh karena itulah dibutuhkan sebuah bimbingan perkawinan pra nikah agar para calon pengantin nantinya (sesudah menikah) memahami mempunyai pemahaman yang baik tentang hakikat dari pernikahan yang sakinah mawaddah warrahmah” kata Hj.Hizbiyah Rochim, Ketua PW NU DKI Jakarta.

Menurut Hj.Hizbiyah, tujuan BimWin adalah untuk memberi bekal kepada calon pengantin. Dulu namanya Suscatin, kursus calon pengantin. Bimbingan perkawinan digelar untuk membekali calon pengantin dalam merespons problem perkawinan dan keluarga, mempersiapkan mereka agar terhindar dari problem perkawinan yang umum terjadi, serta meningkatkan kemampuan mewujudkan keluarga sakinah.

“Dikarenakan banyaknya jumlah pengantin dan tidak cukupnya penyuluh dan fasilitator di lingkungan kementrian agama maka, kementrian agama mengajak kepada LSM-LSM dan Organisasi kemasyarakatan untuk membantu memfasilitasi para calon pengantin dalam memberikan bimbingan dan penyuluhan” terangnya.

Lebih lanjut Hj.Hizbiyah Rochim menyampaikan bahwa, dalam hal ini Muslimat NU sebagai organisasi Wanita di bawah naungan Nahdlatul Ulama yang concern terhadap kesejahteraan keluarga mencoba berperan serta agar bisa berkontribusi untuk ketahanan keluarga di Indonesia dengan ikut berperan aktif menjadi fasilitator bagi para calon pengantin yang sudah mendaftar di KUA.

“PW Muslimat NU punya tanggungjawab untuk ikut serta berkontribusi membantu pemerintah untuk memberikan pengertian dalam bentuk penyuluhan kepada para calon pengantin yang sudah mebdaftar di KUA, sebab ini penting untuk kelangsungan perkawinan para pengantin yang akan menjalani rumah tangganya nanti” paparnya.

Adapun tambah Ketua PW Muslimat NU DKI Jakarta tersebut, sasaran dan tujuan yang akan dicapai meliputi sasaran jangka pendek dan sasaran jangka panjang. Pertama, sasaran jangka pendek di mana setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan memiliki kemampuan untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan hidup untuk berumah tangga nanti.

“Kalau untuk sasaran jangka panjang yaitu, terwujudnya kemampuan berimbang untuk pasangan suami istri dalam mengarungi kehidupan serta menghadapi permasalahan perkawinan dan keluarga dalam berbagai aspek kehidupan” pungkasnya.

Kegiatan pelatihan BimWin sendiri berlangsung di ruang Aula lantai 2 pada Kantor KUA Kecamatan Jatinegara yang beralamat di Jl. I. Gusti Ngurah Rai, Cipinang Muara, Jatinegara, RT.1/RW.5, Cipinang Muara, Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13420, Indonesia. Acara dimulai sejak pukul 08.00. WIB sampai dengan jam 16.00. WIB.

Adapun untuk peserta Bimbingan adalah pasangan yang akan melaksanakan pernikahan pada bulan November dan Desember 2020 di lingkungan Jakarta Timur dan telah mendaftarkan diri ke KUA kecamatan Jatinegara. Peserta yang akan mengikuti kegiatan tersebut ada 15 pasang calon pengantin.

Hadir dalam acara tersebut, Hj. Hizbiyah Rochim, MA. Ketua PW Muslimat NU sekaligus ketua pelaksana, Hj. Yayah Ruchyati selaku Sekretaris, kemudian D. Suryati, Maghfiroh Hamid dan Uyuni serta Kepala KUA Kecamatan Jatinegara Ust. Endang beserta jajarannya.

(Yd/Yd)

Komentar

Berita Terkini