Daerah

Refleksi Hari Lahir Pancasila, Mahasiswa Kepulauan Sapeken Kemas Dengan Dialog

×

Refleksi Hari Lahir Pancasila, Mahasiswa Kepulauan Sapeken Kemas Dengan Dialog

Sebarkan artikel ini
Refleksi Hari Lahir Pancasila, Mahasiswa Kepulauan Sapeken Kemas Dengan Dialog
FOTO: Empat Narasumber Refleksi Hari Lahir Pancasila

Refleksi Hari Lahir Pancasila, Mahasiswa Kepulauan Sapeken Kemas Dengan Dialog

LIMADETIK.COM, SUMENEP – Dalam rangka refleksi hari lahir pancasila 1 Juni 2023, Himpunan mahasiswa kepulauan sapeken sumenep (HIMPASS) kemas dengan konsep diskusi publik, di Aula Bappeda Sumenep. Sabtu (3/6/2023)

Kegiatan ini sekaligus memperingati hari lahir pancasila tahun 2023, dengan harapan mahasiswa kepulauan tetap memperkuat nilai nilai dari sejarah lahirnya pancasila.

Dalam kegiatan ini hadir sebagai narasumber, AKBP Edo Satya Kentriko Kapolres Sumenep, Dr. Mohammad Hidayaturrahman selaku pengamat kebijakan publik, Anwar Noris Ketua Bawaslu Sumenep, dan Wahyudi Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumenep.

Himpass juga melibatkan organisasi kepulauan Sumenep, Forum mahasiswa kangayan (Formaka), Ikatan Mahasiswa Kangean Sumenep (IMKS), Forum Pemuda Raas (FPR) dan organisasi daerah lainnya.

Ketua Umum Himpass, Arisandi menyampaikan bahwa tujuan kegiatan tersebut, untuk merevitalisasi semangat  para pemikir bangsa, khususnya mahasiswa dan pemuda kepulauan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh narasumber dan rekan organisasi, karena telah sudi hadir guna memberikan kepedulian dan dialog tentang lahirnya pancasila beserta spiritnya kala itu,” katanya.

Selanjutnya, ada beberapa hal penting yang disampaikan oleh 4 narasumber, Dr Mohammad hidayaturrahman mengatakan, kepemimpinan itu harus bisa melayani masyarakat, dan harus bijaksana dalam melakukan tugas dan fungsi sebagai pemimpin.

Sementara AKBP Edo Satya Kentriko, pemimpin mudah diucapkan namun mengalami tantangan sendiri saat diterapkan.

“Bisa kita bayangkan, saya sebagai Kapolres sumenep harus bisa mengurusi 750 anggota, tidak mudah karena memiliki cara dan sudut pandang berbeda-beda, sehingga visi dan misi polri akan menjadi tumpuan prinsip dalam menjalan tugas, mungkin dilembaga lain juga demikian,” ujarnya.

Disamping itu, Anwar Noris turut apresiasi giat yang dilakukan Himpass, termasuk pihaknya ingin bermitra soal pengawasan pemilu di kepulauan sapeken.

“Sebagai pemuda dan mahasiswa calon pemimpin semua hal, harus bisa menjaga dan mengawasi pemilu serentak 2024, jangan sampai kita tergoda oleh politik uang, karena akan berdampak pada 5 tahun kepemimpinan. Maka saya siap bersinergi dengan kawan kawan Himpass soal pengawasan di Kepulauan,” tukas mantan aktivis pasca reformasi itu.

× How can I help you?