oleh

Resmi Dilantik, PCNU Tangsel Targetkan 10 Ribu Kader Penggerak

TANGERANG SELATAN, LimaDetik.Com – Struktur Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Tangerang Selatan (PCNU Tangsel) Periode 2020-2025 resmi dilantik oleh Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Abdul Manan Ghani mewakili Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj di Swissbell Hotel, BSD, Tangsel, Minggu malam (29/11/2020).

Ketua PCNU Tangsel KH Abdullah Mas’ud mengatakan, dengan telah dilantiknya struktur kepengurusan yang baru, PCNU Tangsel segera menjalankan berbagai program. Salah satunya adalah melakukan pengkaderan.

”Kita targetkan dalam 5 tahun ke depan, kita memiliki paling tidak 10 ribu kader penggerak,” ujar Mas’ud kepada wartawan di sela acara pelantikan.

Dikatakan Mas’ud, di Tangsel ini mayoritas amaliyah masyarakatnya adalah ahlussunnah wal jamaah. ”Umat muslim Tangsel ini rata-rata NU secara amaliyah. Tugas kita sebagai pengurus NU adalah bagaimana warga NU yang amaliyahnya NU ini dimunculkan kesadaran jam’iyahnya NU. Jadi bagaimana kita harus melakukan proses ideologisasi melalui pengkaderan,” tuturnya.

Selain itu, PCNU Tangsel juga menargetkan pembentukan kepengurusan hingga tingkat RT dan RW. ”Jadi bagaimana kita menjangkau ke RT RW,” urai Mas’ud yang juga alumni Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah Lamongan.

PCNU Tangsel juga memiliki sejumlah program kerja baik di bidang pendidikan, ekonomi, filantropi, kesehatan, termasuk menggerakkan bidang media. Dikatakan Mas’ud, di bidang pendidikan, PCNU Tangsel menargetkan di setiap kecamatan bisa didirikan sekolah unggulan sebagai rujukan yang pengelolaannya berada di bawah LP Ma’arif NU.

Kedua, di bidang ekonomi, PCNU akan membangun ekonomi keumatan. Langkah ini selain untuk kemandirian organisasi, juga untuk pemberdayaan warga NU. ”Kita nanti akan membuat holding company, namanya mungkin nanti PT BumiNU Tangsel, Badan Usaha Milik Nahdlatul Ulama Tangerang Selatan. Nanti disitu ada beberapa perusahaan di bawahnya,” urainya.

Di bidang kesehatan, PCNU Tangsel juga bakal membentuk lembaga kesehatan NU Medical Center di setiap kecamatan. ”Lembaga kesehatan ini kita percayakan kepada anak muda yang sekarang sedang menyelesaikan studi S3 di China di bidang kesehatan,” katanya.

Sementara di bidang media, PCNU Tangsel telah menjalin kerja sama dengan NU Online yang berada di bawah PBNU untuk mendirikan NU Online Banten. ”Di bawah LTN, kita sudah menjalin kerjasama dengan NU Online Pusat, dan nanti NU Online perwakilan Banten dipercayakan kepada kita,” urainya.

Hal yang tidak kalah penting adalah menggerakkan bidang filantropi yang selama ini sejak NU berdiri menjadi napas NU yakni menumbuhkan kedermawanan. ”Insya Allah kita kembangkan lembaga wakaf dan Lazisnu. Kalau Lazisnu ini untuk merespon hal-hal yang mendesak, lebih konsumtif arahnya, tapi yang jangka panjang adalah lembaga wakaf,” paparnya.

Salah satu target terpenting adalah pembangunan kantor PCNU Tangsel. Sebab, hingga saat ini PCNU Tangsel belum memiliki kantor sendiri. ”Ini penting karena kantor ini kan rumah, pusat komunikasi dan aktivitas dimana gerakan-gerakan bisa kita rumuskan disitu,” tegasnya.

Oleh karena itu, pembangunan Kantor PCNU menjadi amanat pertama kepengurusan PCNU Periode 2020-2025 yang harus diwujudkan. ”Ini tadi juga kita luncurkan Gerakan Wakaf Pembangunan Kantor PCNU Kota Tangerang Selatan. Di samping itu, tadi kita juga launching Gerakan Sensus Warga NU Kota Tangsel,” pungkasnya.

(*)

Komentar

Berita Terkini