Ribuan DPT Pemilu 2019 di Sumenep Berpotensi Ganda

Rahbini

SUMENEP, Limadetik.com – Pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur  terdapat sekitar 3 ribu daftar pemilih tetap (DPT) yang berpotensi ganda. Akibatnya perlu untuk dilakukan pencocokan ulang.

DPT Ganda itu diketahui setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mendapatkan rekomendasi perbaikan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumenep beberapa waktu lalu.

“Sebenarnya ada sekitar 3 ribuan (DPT) yang direkomendasi Bawaslu untuk diperbaiki. Bukan 15 ribu DPT sebagaimana informasi yang berkembang diluar,” kata Komisioner KPU Sumenep, Rahbini, Rabu (12/9/2018).

Menurutnya, DPT ganda itu tersebar di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Pragaan dan Kecamatan Dungkek.

Saat ini kata Rahbini, KPU Sumenep telah melakukan jumlah rekomendasi Bawaslu, termasuk pencermatan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

KPU tidaklah sendiri melakukan penyisiran, tetapi dilakukan bersama dengan Bawaslu. Namun, hingga saat ini KPU belum memastikan jumlah DPT yang ganda.

“KPU dalam posisi ini masih sebatas pencermatan, jadi kami belum bisa memastikan ada berapa yang akan kami hapus. Yang pasti kami terus melakukan penyisiran hingga DPT benar-nanti valid,” tegasnya. KPU akan melakukan DPT ganda pada siang ini sekitar Pukul 14.00 WIB.

Diketahui, KPU Sumenep telah merilis DPT Pemilu 2019 yakni berjumlah 868.171. Sementara DPT Pilgub 2018 berjumlah 854.148, atau naik 14.023 dari DPT Pilgub 2018. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here