Scroll Untuk Membaca Artikel
Headline News

Sampah Laut Berserakan, Kelompok 29 ABDIMAS UTM Inovasikan Figura dari Cangkang Kerang

×

Sampah Laut Berserakan, Kelompok 29 ABDIMAS UTM Inovasikan Figura dari Cangkang Kerang

Sebarkan artikel ini
Sampah Laut Berserakan, Kelompok 29 ABDIMAS UTM Inovasikan Figura Dari Cangkang Kerang
Kegiatan mahasiswa KKNT UTM di pulau oksigen giliyang

Sampah Laut Berserakan, Kelompok 29 ABDIMAS UTM Inovasikan Figura dari Cangkang Kerang

LIMADETIK.COM, SUMENEP – Pulau giliiyang dikenal dengan pulau yang terletak di timur Sumenep yang pastinya dikelilingi oleh lautan, dan dapat dipastikan sampah laut yang terdapat di kepulauan ini terbilang cukup banyak, salah satunya kerang.

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

Selain lezat saat dimakan, kerang juga bisa dijadikan inovasi agar tidak hanya menjadi sampah laut. Di kepulauan ini banyak sekali macam macam sampah laut yang ditemui oleh Pengabdian Masyarakat (ABDIMAS) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) kelompok 29, yakni cangkang kerang, plastik, dan bekas cangkang kelomang.

Maka dari itu, jumat 8 juli 2023 Kelompok 29 Pengabdian Masyarakat (ABDIMAS) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menginovasikan hal tersebut menjadi barang yang berguna seperti kreasi figura. Melihat antusias masyarakat saat kami melakukan sosialisasi tentang sampah laut, kami yakin mereka tertarik dengan inovasi ini.

Beberapa tujuan dari pembuatan figura dari cangkang kerang adalah menambah nilai ekonomis, menjaga kelestarian lingkugan dan mengurangi resiko pencemaran lingkungan, tujuan tersebut selaras dengan image pulau ini yang dikenal sebagai pulau cantik yang kaya akan oksigen.

Manfaat dari pembuatan kerajinan ini adalah terciptanya kesadaran masyarakat bahwa sampah laut seperti cangkang kerang bisa berubah menjadi barang yang cantik dan bermanfaat tanpa harus membuang sampahnya sembarangan.
____________________________________________________

Penulis : Evi Nur Sa’diyah
Mahasiswa Manajemen
Universitas Trunojoyo Madura

× How can I help you?