Saran Gus Sholah: Cawapres Jokowi Sebaiknya Orang Muda dan Berprestasi

JOMBANG, Limadetik.com –¬†Pengasuh Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, KH Salahuddin Wahid menilai, calon wakil presiden (cawapres) yang pantas disandingkan dengan Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 2019 adalah orang muda dan berprestasi.

Menurut Gus Sholah, sapaan akrabnya, jika Jokowi menghadirkan cawapres muda yang memiliki track record positif, dan berprestasi, diyakini bisa kembali melenggang sebagai presiden RI.

Tampilnya figur muda sebagai cawapres Jokowi akan berimplikasi baik.

Mantan anggota Komnas HAM ini memaparkan, tampilnya figur muda dalam Pilpres 2019 bakal menentukan kemenangan pasangan capres-cawapres.

Jika Jokowi, Prabowo, ataupun calon lain mampu menggandeng unsur muda dan berprestasi sebagai cawapres, pertarungan di Pilpres 2019 akan berjalan imbang.

“Tampaknya imbang ya, karena mewakili unsur pemilih muda yang jumlahnya sekitar 40 persen. Apalagi kalau yang tampil itu betul-betul muda,” jelas adik kandung Gus Dur ini.

Dukung Mahfud MD Hadirnya figur muda dengan pemahaman bernegara yang baik dan memiliki kemampuan menjalankan pemerintahan, menurut Gus Sholah akan sangat berguna bagi Jokowi dalam Pilpres 2019.

Selain itu, hadirnya sosok muda sangat dibutuhkan dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Tentunya kemampuan si calon (cawapres) diperlukan ya. Saya menilai, pak Jokowi baik dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala pemerintahan,” tutur Gus Sholah.

“Nah, dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala negara, ada kekurangan. Jadi wakilnya ini yang bisa menutupi kekurangan Pak Jokowi,” tambah dia.

Sosok yang pantas dan diyakini memiliki kemampuan untuk menutupi kekurangan Jokowi dalam menjalankan tugas sebagai kepala negara, salah satunya adalah Mahfud MD.

“Pak Mahfud MD memiliki kemampuan itu. Beliau juga tokoh yang berasal dari umat Islam. Memang bukan struktural NU, tapi beliau adalah kultural NU,” beber Gus Sholah.

menanggapi pertanyaan lanjutan terkait dukungan terhadap tampilnya Mahfud MD dalam bursa cawapres. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here