Situs Cagar Budaya Semakin Terkikis Oleh Penambang Pasir

Lokasi penambangan pasir di area Situs Cagar Budaya "Situs Melek" Desa Sumberejo, Situbondo (Foto: Aka)

SITUBONDO, Limadetik.com – Situs cagar budaya di Situbondo Di Dusun Krajan, Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Minggu, (22/01/2018).

Caption foto
Situs ini yang sudah didaftarkan sebagai cagar budaya oleh BPCB  (Balai Pelestarian Cagar Budaya) Jatim sebagai “Situs Melek” dengan Nomor Register 62/STB/2017.

Hal ini terusik oleh penambangan pasir yang membuat sejumlah struktur dan artefak rusak. Aktifitas penambangan pasir ini terlihat sejak seminggu terakhir di area tersebut.

Aktivis Cagar Budaya Situbondo, Iwenk, (38) asal Asembagus mengatakan, “Kerusakan itu mengancam struktur bata lainnya yang masih terpendam. Karena kedalamannya sampai 2 (dua) meter”. Saat dikonfirmasi oleh awak media.

Iwenk menambahkan, “Adapun struktur dan artefak berupa pipisan serta fragmen keramik, terakota serta mungkin juga yang utuh terancam hancur. Pasalnya yang sudah hancur ada 10 meteran di utara struktur”.

Sementara itu, kata Iwenk, “Hal ini sudah jadi perhatian para aktivis yang peduli akan cagar budaya. Harus disikapi serius dan tegas oleh pemerintah agar peninggalan sejarah yang diduga dari masa klasik hindu-budha ini terselamatkan”, harapnya.

Saat dikonfirmasi oleh Limadetik.com melalui WhatsApp pribadinya Kepala Desa Sumberejo, Saruji. Sampai berita ini ditayangkan belum dapat memberikan kejelasan. (aka/rud).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here