https://limadetik.com/

Sumber Jubanger Sampang Warisan Joko Tole

  • Bagikan
IMG 20200317 WA0114

SAMPANG, Limadetik.com – Sumber Jubanger atau dikenal pemandian Potre Koneng, di Dusun Damaran, Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Sampang Kota, menjadi keunikan sendiri yang dikunjungi warga baik asal Kabupaten Sampang maupun luar daerah Sampang. Sumber tersebut dipercaya bisa mengobati segala macam penyakit kulit dengan cara datang dan mandi langsung.

Sumber Jubanger masih dijaga dan dirawat perseorangan yang turun-temurun dari leluruh dan saat ini masuk generasi ke 4 sebagai juru kunci pemandian Potre Koneng (Jubanger). Pasalnya keberadaanya sumber tersebut sejak zaman penjajahan Jepang sebelum Indonesia merdeka, bahkan asal muasal sumber tersebut dari tongkatnya Joko Tole salah satu tokoh Madura zaman dahulu.

https://limadetik.com/
IMG 20200317 WA0115
Pemandian Potre Koneng, Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang.

Suja’i atau biasa dipanggil Pak Basuni sebagai juru kunci Sumber Jubanger, ia menjelaskan keberadaan sumber ini sudah turun- temurun sejak zaman penjajahan Jepang, bahkan dari cerita mbah dan buyut saya keberadaan sumber ini berasal dari tongkatnya Joko Tole yang ditancapkan lemudian keluar mata air hingga saat ini. Sumber Jubanger atau biasa dikenal pemandian Potre Koneng, memang banyak warga yang datang mulai dari daerah Sampang hingga luar daerah untuk mandi agar sembuh dari penyakit kulit, hal itu semua tergantung keyakinan masing-masing, namun semua itu berasal dari Allah ini hanya sebagai pelantara saja.Selasa (17/3/2020).

“Berdasarkan cerita kakek saya, sumber ini awalnya berasal dari tongkat Joko Tole yang ditancapkan dan mengeluarkan air hingga sampai saat ini, keberadaan mata air meski musim kemarau atau musim hujan tidak pernah kering hingga saat ini. awalnya keberadaan sumber tersebut belum terawat dengan baik dan saat ini sudah di kramik temboknya.” jelasnya

Sementara Abdurrahman asal Desa Pandiyan, Kecamatan Sampang Kota, salah satu pengunjung di sumber Jubanger, ia mengatakan sengaja datang untuk memandikan anaknya yang kebetulan terkena gatal kulit.

Alhamdulillah, sambung Abdurrahman sudah dua kali datang mulai ada perubahan dan sembuh, bahkan beberapa waktu lalu saya sempat mengantarkan temen asal Kabupaten Sumenep untuk mandi juga di Sumber Jubanger atau biasa dikenal Pemandian Potre Koneng.

“Keampuhan Sumber Jubenger tidak hanya di rasakan warga Sampang. Namun warga dari berbagai daerah datang ke pemandian tersebut dengan cara “Merendam” beberapa saat.” jelasnya. (Nor/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan