Aksi Demo Tuntut Hasil PAW Desa Seletreng Situbondo Musdes Ulang

SITUBONDO, Limadetik.com – Polemik Pergantian Antar Waktu (PAW) Kepala Desa Seletreng masih menuai protesan, puluhan warga Desa Seletreng lurug Kantor Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo. Kamis, (21/12/2017).

Musyawarah Desa (Musdes) yang digelar Senin, (18/12/2017) lalu yang berlangsung sukses. Namun menyisakan protesan, pasalnya panitia PAW Desa Seletreng disinyalir tidak netral.

Sehingga hasil dari pilihan PAW Senin lalu dianggap menciderai demokrasi dan meminta agar pelantikannya ditunda serta musdes diulang.

Perolehan suara 3 calon PAW musdes seletreng,kapongan situbondo

Pernyataan itu dibenarkan oleh Yogie K.S saat dikonfirmasi oleh media ini dikantornya mengatakan bahwa, “Tadi memang ada demo di kantor kecamatan, Kamis (21/12/2017)”.

“Yang menjadi tuntutan adalah agar proses pelantikan PAW ditunda dan beberapa tahapan diduga pelaksanaan PAW yang dilakukan tidak sesuai dengan peraturan yang ada”, pungkasnya.

Sehingga membuat masyarakat Desa Seletreng mengadakan aksi demo ke Kantor Desa Seletreng, Kapongan, Situbondo.

Yogie menambahkan, “Bilamana ada peraturan yang dilanggar kita akan menunggu pihak penegak hukum untuk memprosesnya”.

“Untuk pelaksanaan pelantikan sendiri kita menunggu salinan putusan dari panitia PAW dan kecamatan baru kita kaji apakah ada prosedur maupun mekanisme yang dilanggar dengan melibatkan aparat penegak hukum”, jelasnya.

Sementara itu, menurut info yang dihimpun hasil perolehan suara Musdes Pemilihan PAW Desa Seletrengan diantaranya, 1. H. Sunarto, (5 suara), 2. Taufik Hidayat, (157 suara) dan 3. H. Raheli (9 suara).

Beberapa aspirasi masyarakat Desa Seletreng diantaranya, 1. Penundaan Pelantikan PAW, 2. Bubarkan Panitia, Ganti dengan panitia yang baru, 3. Berhentikan Ketua BPD Desa Seletreng, dan 4. Non aktifkan Anggota BPD yang tidak Netral.

Aksi demo diikuti oleh puluhan warga Desa Seletreng. Aspirasi tersebut ditampung oleh Forpimka Kecamatan Kapongan beserta perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMP) Kabupaten Situbondo. (Aka/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here