Scroll Untuk Membaca Artikel
Internasional

Tingkatkan Kemampuan Pertahanan Udara, Rusia Pelajari Rudal Tomahawk

×

Tingkatkan Kemampuan Pertahanan Udara, Rusia Pelajari Rudal Tomahawk

Sebarkan artikel ini
Rudal Tomahawk Yang Tidak Meledak di Suriah

LONDON, Limadetik.com – Dengan menyerang Suriah, AS dan sekutu-sekutunya pada dasarnya mengorbankan senjata canggih mereka ke Rusia tanpa menerima manfaat nyata di lapangan, Charles Shoebridge, seorang analis keamanan dan mantan perwira tentara Inggris, mengatakan kepada RT.

Tembakan fragmen rudal dari Kementerian Pertahanan Rusia, yang ditembakkan ke sasaran-sasaran di Suriah oleh sekutu Barat pada 14 April, akan menjadi “sumber keprihatinan besar bagi pihak Amerika, Inggris dan Prancis,” kata Shoebridge.

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

Pada hari Rabu, Moskow juga mengumumkan bahwa mereka memiliki dua proyektil atau rudal yang hampir utuh dari Suriah, termasuk rudal jelajah Tomahawk dan satu lagi yang tidak disebutkan namanya. Militer Rusia mengatakan, pihaknya berencana untuk mempelajari keduanya untuk lebih meningkatkan kemampuan pertahanan udara Rusia.

Shoebridge menggambarkan serangan yang dipimpin AS “beresiko besar dan tidak banyak manfaat nyata di lapangan, mengingat bahwa ini adalah sasaran sipil atau sebagian besar kosong”, sementara “Rusia telah memperoleh pengetahuan teknis tentang sistem senjata yang sebenarnya dikorbankan oleh tiga kekuatan itu.”

Kementerian Pertahanan Rusia juga menunjukkan fragmen rudal, dan mengatakan mereka memiliki bukti yang membantah klaim Presiden AS Donald Trump dan berbagai pejabat militer AS, yang menyombongkan diri bahwa 105 rudal yang ditembakkan ke Suriah mencapai target mereka. Rusia sebelumnya mengatakan bahwa hanya ada 15-25 rudal yang berhasil selama serangan itu, sementara sisa rudal lainnya ditumbangkan oleh pertahanan udara Suriah atau tidak berfungsi.

Shoebridge menunjukkan bahwa klaim Amerika tentang akurasi pemboman 100 persen kemungkinan besar tidak realistis. “Dengan sejumlah besar senjata yang ditembakkan dan tembakan anti-pesawat diarahkan padanya, Anda akan mengharapkan, setidaknya, sebagian kecil dari mereka tidak lolos,” katanya.

“Bahkan dari serangan yang sukses, Anda akan menemukan beberapa fragmen dari senjata yang digunakan, tetapi biasanya tidak dalam ukuran yang kami bicarakan di sini,” kata Shoebridge. “Tapi yang pasti keberadaan fragmen seperti ini bisa menunjukkan fakta bahwa beberapa rudal tidak berfungsi, ditembak jatuh atau hanya mendarat di tempat yang salah.” (arn/ld)

× How can I help you?