Bandara trunojoyo sumenep

SUMENEP, Limadetik.com – Masyarakat yang tinggal di Kepulauan Sumenep,Jawa Timur dalam waktu dekat tidak akan lagi mengandalkan angkutan laut. Pasalnga, pada akhir Januari 2018, Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Madura, Jawa Timur akan membuka penerbangan perintis di jalur Sumenep-Pagerungan dan Sumenep-Bawean, Gersik.

Baca: Animo Masyarakat Gunakan Angkutan Udara di Sumenep Cukup Tinggi

Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo mengatakan, proses lelang operatos sudah selesai. Begitu juga pemenangnya sudah ada. Kini tinggal proses penandatanganan kontrak.

“Berdasarkan hasil koordinasi dengan Kementerian Perhubungan, penerbangan perintis di dua jalur baru ini akan dimulai pada minggu terahir bulan Januari 2018 ini. Jadi, saat ini masih menunggu kontrak yang akan dilakukan paling lambat pada minggu depan,” terangnya, Kamis (18/1/2018).

Sedangkan kesiapan dari bandara utamanya di Pagerungan, Kecamatan Arjasa Sumenep, pekan depan pihaknya bersama Pemda dan operator pemenang tender pada penerbangan perintis ini akan melakukan peninjauan bandara.

“Pada prinsipnya semuanya sudah siap, tapi kami nantinya akan meninjau langsung bandara di Pagerungan itu. Setelah ada peninjauan, perizinan penggunaan bandara di Pagerungan itu akan dikeluarkan oleh pihak terkait,” ucapnya.

Pihaknya berharap, adanya jalur perintis dari Bandara Trunojoyo ke Pagerungan itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat kepulauan yang selama ini hanya bergantung pada alat transportasi laut. Padahal, pada saat terjadi cuaca laut ekstrim akan mengganggu transportasi tersebut.

“Ketika ada transportasi udara ini, kami harapkan masyarakat kepulauan bisa dapat memanfaatnya dengan baik. Termasuk bisa meningkatkan perekonomian masyarakat kepulauan,” imbuhnya. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here