BONOWOSO, Limadetik.com — Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2018, Dandim 0822 Bondowoso, Letkol Inf Tarmuji bertindak sebagai inspektur Upacara yang digelar di Alun-Alun RBA Ki Ronggo Bondowoso Sabtu (10/11/2018).

Upacara kali ini dihadiri Plt Sekda Karna Suswandi, Forkopimda, Pimpinan OPD, Camat dan diikuti ratusan peserta Upacara antara lain TNI, Polri, Ormas Kepemudaan dan pelajar.

Dandim menyatakan, bahwa siapapun boleh jadi pahlawan. Setiap warga Indonesia dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri sendiri, lingkungan, bagi bangsa dan negara.

“Tema Hari Pahlawan tagun ini adalah semangat Pahlawan Didadaku, ini mengandung makna sesuai dengan fitrahnya bahwa dalam diri kita tertanam nilai-nilai kepahlawanan. Oleh karena itu siapapun dapat jadi pahlawan” kata Dandim dihadapan ratusan peserta upacara.

Dandim Tarmuji juga menambahkan, bahwa peringatan Hari Pahlawan ini untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya 73 tahun silam, yang merupakan perang fisik pertama, setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

“Di Bulan November ini ingatan bangsa akan tertuju pada keberanian, semnagat pantang menyerah, serta pengorbanan tanpa pamrih, para pahlawan yang telah gugur. Para syuhada bangsa tersebut, telah mewariskan Indonesia, yang berdiri kokoh, sampai saat ini dan untuk selamanya,” tegas Dandim dengan nada penuh semangat.

Diakhir sambutan juga dibacakan beberapa petuah bijak para pahlawan yang telah gugur. Mulai Jenderal Sudirman, Bung Tomo, Ibu Kita Kartini, hingga Soekarno. Dan Dandim berharap agar warga Indonesia tidak berhenti berjuang. (budhi/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here