SUMENEP, limadetik.com – Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat (PUPR) dan Cipta Karya Sumenep, Jawa Timur bertekad agar Kota Sumekar bebas banjir. Pasalnya, selama ini ketika turun hujan dengan intensitas tinggi terjadi banjir atau genangan air dibeberapa titik di Kota Sumenep.

Guna menjawab persoalan musiman ini,
Kepala PUPR dan Cipta Karya Sumenep, Bambang Iriyanto mengaku telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 16 miliar untuk pengadaan pompa air pengendali banjir.

“Dana sebesar Rp 16 miliar itu nantinya akan digunakan untuk pengadaan pompa pengendali banjir kota dan penguatan tanggul serta rumah pompa,” katanya, Rabu (13/3/2019).

Adapun pompa air tersebut rencananya akan ditempatkan di sebelah timur Jalan Jati Emas, Desa Pangarangan, Kecamatan Kota. Pompa tersebut akan beroperasi secara otomatis jika terjadi hujan deras, utamanya di wilayah Kota.

“Ya ketika terjadi ketinggian air tertentu, pintu air akan tertutup sendiri sehingga air yang sudah mengalir ke arah timur tidak kembali lagi. Sedangkan air yang dari arah barat akan dipompa menggunakan pompa air itu,” terangnya.

Selain pengadaan pompa air, sambung Bambang, pihaknya juga akan melakukan normalisasi atau pembangunan saluran di sejumlah titik. Diantaranya di titik tengah, barat, utara dan timur kota.

“Komitmen kami agar Kota Sumenep ini bebas banjir. Supaya aktifitas masyarakt tidak terkendala genangan air di jalan raya,” imbuhnya.(hoki/dyt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here