Gempa 4,8 SR, Sejumlah Bangunan di Sumenep Rusak

SUMENEP, Limadetik.com – Warga Kabupaten Sumenep, Jawa Timur dikagetkan adanya gempa tektonik dengan kekuatan 4,8 Skala Richter (SR),Rabu (13/6/2018) sekitar pulul 20.06 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Abd Rahman Riadi mengatakan, berdasarkan laporan sementara yang diterima kerusakan bangunan akibat gempa terjadi pada sejumlah bangunan pada wilayah Kecamatan Dasuk dan Batuputih.

“Sampai saat ini laporan yang kami terima bangunan yang rusak belum tau pasti jumlahnya, kita tunggu informasi lebih lanjut dari bawah,” katanya, Kamis (14/6/2018).

Menurutnya, saat ini pihaknya masih terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait mengenai adanya bencana alam ini. Diharapkan tidak ada korban jiwa.

“Masih terus koordinasi. Kami akan terus cari informasi kerusakan bangunan. Semoga tidak ada gempa susulan,” harapnya.

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, pusat gempa terjadi pada koordinat 6,88 Lintang Selatan (LS) dan 113,94 Bujur Timur (BT). Tepatnya di darat pada jarak sekitar 6 kilometer arah timur laut Sumenep dengan kedalaman 12 kilometer.

Menurutnya, gempa bumi yang terjadi ini merupakan jenis gempa bumi intraplate dengan hiposenter dangkal akibat aktivitas patahan lokal. Sementara ini, hasil pemodelan yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Kami himbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” sarannya. (hoki/rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here