Kasubag Sarana Perekonomian, Bagian Perekonomian, Pemkab Sumenep, M. Suharjono

SUMENEP, Limadetik.com – Hingga pertengahan 2018, dua kecamatan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur masih belum menyalurkan bantuan sosial (Bansos) beras untuk rakyat sejahtera (Rastra).

Kasubag Sarana Perekonomian, Bagian Perekonomian, Pemkab Sumenep, M. Suharjono menyebutkan dua kecamatan tersebut, yaitu Batuan dan Manding.

“Dua kecamatan itu sejak 2018 belum sama sekali menyalurkan Rastra. Sedangkan kecamatan yang lain sudah selesai semua,” terangnya, Senin (2/7/2018).

Sesuai data yang diterima Pemkab dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, pagu rastra di Sumenep 2018, yakni 12.816 RTSPM (Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat. Jumlah tersebut tersebar di 334 Desa/Kelurahan di 27 kecamatan. Sedangkan jumlah beras sebanyak 12.816 ton setiap bulan.

Ada pun kendala yang dialami dua kecamatan tersebut, sambung pria yang karib disapa Jono, adalah kendala Daftar Penerima Manfaat (DPM) yang belum fix. Tetapi pada beberapa pekan lalu, pihaknya sudah menerima DPM.

“Sebelum lebaran dua kecamatan itu sudah nyetor DPM. Hanya saja waktu itu pihak Bulog masih menyalurkan rastra ke daerah lain yang DPM-nya masih lebih awal. Maka dari itu, dalam pekan ini Kecamatan Manding dan Batuan mulai bisa menyalurkan Rastra,” tegasnya. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here