Kabur! Penambang Liar Situs Cagar Budaya di Sumberejo Situbondo Saat Digeruduk Aliansi LSM

Penambangan Pasir Illegal Di Situs Cagar Budaya "Situs Melek", Desa Sumberejo, Situbondo (Foto: Aka)

SITUBONDO, Limadetik.com – Aktifitas penambangan liar di Situs Melek Dukuh Melek, Dusun Krajan, Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Jumat (26/01/2018).

Baca juga (https://limadetik.com/situs-cagar-budaya-semakin-terkikis-oleh-penambang-pasir/).

Para aktivis yang tergabung itu terdiri dari LSM Gempar (Gerakan Masyarakat Peduli Pesisir) Lumajang 2 orang, Bhattara Saptaprabhu Jember 4 orang, LSM Wirabhumi Situbondo 3 orang, MPPM (Masyarakat Peduli Peninggalan Majapahit) Timur 1 orang,  Dang Acarya 2 orang, Mabes Kreatif Besuki 1 orang.

“Alat berat penambang masih beraktifitas pada pagi harinya. Tapi tidak tahu kenapa terus keluar dari sini”, ujar salah satu warga tidak mau disebutkan nama.

Diduga, para penambang kabur setelah mendengar rencana kedatangan BPCB Jatim didampingi para LSM lingkungan hidup dan cagar budaya.

Kehadiran mereka sempat meminta pengawalan pihak kepolisian yaitu Polsek Banyuputih. Sekitar pukul 14.00 Wib, para aktivis dan BPCB berkoordinasi dan memberikan informasi dari data ESDM Jatim bahwa area situs Melek tidak berizin.

Salah satu LSM Gempar, Mansyur Hidayat menyampaikan, “Pertambangan di Melek dari database ESDM tidak ada. Jadi ini jelas ilegal dan penegak hukum harus menghentikan aktifitas ini secara total”.

Hal senada juga disampaikan LSM Wira Bumi, Taufik Hidayat, “Meminta aktivitas di situs cagar budaya yang sudah diregistrasi tersebut penghentiannya dikongkritkan”.

Dia melanjutkan, “Jika penegak hukum serius dan ini jelas tak berizin, seharusnya di lokasi diberi police line. Dengan begitu situs terselamatkan”.

Kapolsek Banyuputih, Bambang Irianto saat di lokasi menyatakan bahwa, “Tidak tahu perihal perizinan penambangan tersebut.

Bambang mengaku, “Iya, saya tidak tahu kalau disana ada penambangan, bagaimana kebijakan sebelumnya, karena saya baru disini”. (Aka/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here