https://limadetik.com/

Melalui Seleksi yang Ketat, Siswa SD di Sumenep Mampu Persembahkan Medali Perunggu pada Ajang KSN 2020

  • Bagikan
Abd Kadir Disdik Sumenep

SUMENEP, LimaDetik.Com – Dinas Pendidikan (Diknas) Kabupaten Sumenep terus melakukan terobosan dan upaya untuk mensuport setiap Siswa/i di tiap-tiap Kecamatan yang ada untuk terus maju hingga mampu berkompetisi pada ajang antar Siswa baik di tingkat regional hingga tingkat Nasional.

Bukan tanpa alasan, hal itu dibuktikan dengan lolosnya Mohammad Anas siswa Sekolah Dasar (SD) Adzikir Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, meraih medali perunggu pada ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun 2020.

https://limadetik.com/

Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, H. Abd. Kadir bahwa Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun 2020 digelar sejak bulan Maret. Pihaknya terus melakukan seleksi terhadap para peserta didik mulai tingkat Kecamatan, hingga tingkat Kabupaten sejak awal tahun ini tepatnya 12 Maret 2020 lalu.

Ada 155 peserta didik tingkat Kecamatan baik tingkat IPA maupun Matematika kemudian dipilih juara 1, 2 dan 3 yang diikutsertakan ketingkat Kabupaten pasca dilakukan seleksi yang cukup ketat.

“Seleksi kita lakukan sangat hati hati, karena kita tahu begitu ketatnya persaingan dengan para peserta lain di seluruh Indonesia. Maka dengan demikian kita kami apresiasi ananda Anas yang tidak mengurangi semangatnya hingga mampu membawa harum kota kelahirannya,” katanya, Selasa (10/11/2020) di ruang kerjanya.

Proses seleksi ini ada beberapa tingkatan, dari seleksi tingkat Kecamatan kemudian tingkat Kabupaten. Setelah itu lebih ketat lagi seleksi di tingkat Provinsi dengan bimbingan yang lebih diperketat lagi.

“Walaupun seleksi cukup ketat terlebih saat di provinsi pada akhirnya kami merasa bersyukur karena dinda Anas lolos dan bisa melaju ke tingkat Nasional,” ujarnya.

Lebih lanjut Kadir mengatakan, untuk di tingkat Nasional sendiri telah diikuti sebanyak 136 peserta dari seluruh Indonesia salah satunya Anas dari Sumenep.

“Pelaksanaan final dintingkat Nasional digelar selama 2 hari, yakni dari tanggal 2 hingga 3 November 2020,” terangnya.

Dinas Pendidikan sambung Abdul Kadir merasa bangga dengan kegigihan Mohammad Anas yang mampu menembus level Nasional dan meraih Medali Perunggu dalam lomba KSN tahun 2020 tingkat SD. Ini merupakan sebuah kehormatan sekaligus persembahan Dinas Pendidikan untuk Kabupaten Sumenep.

“Jujur selama ini untuk ajang KSN Sumenep sangat sulit menembus level Provinsi apalagi menjadi juara nasional, maka atas capaian ini kami sangat bangga terhadap anada Muhammad Anas yang telah mengharumkan nama Sumenep di kancah Nasional” utaranya.

Diakhir perbincaagannya bersama awak media, Abd.Kadir menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat langsung untuk membantu kesuksesan Mohammad Anas dalam meraih medali perunggu dalam kompetisi KSN tingkat SD tahun 2020 terutama kedua orang tuanya serta tempat di mana dia sekolah (SD Adzikir, red).

“Kepada kedua orang tua anada Muhammad Anas juga sekolahnya (SD Adzikir, red) dan kepada semua pihak yang telah membantu kesuksesan dia (Muhammad Anas, red), tim intelegensi Kecamatan Pragaan, Erick Institute serta seluruh pembina KSN Kapupaten Sumenep dan semuanya yang telah mengantarnya menjadi juara di tingkat ajang bergengsi KSN” pungkasnya.

(yd/yd)
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan