oleh

Opini: Guru, Pengabdian yang Mulai Dilupakan

Oleh: H. Arifin S. Sos

Guru merupakan suatu profesi yang mulia. Apabila suatu negara tanpa guru maka negara tersebut tidak mungkin bisa maju dan berkembang, termasuk di Indonesia. Maka kita harus patuh kepada guru dan kita harus mengapresiasi akan pengabdian beliau. Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa yang pengabdiannya sedemekian hebatnya.

Pemerintah seharusnya memperhatikan akan pengabdian para guru dengan memberikan kesejahteraan terutama guru swasta dan guru di sekolah agama. Dengan adanya guru kita bisa menjadi pandai, mengerti. Tanpa guru kita tidak bisa apa-apa.

Bangsa ini bisa maju karena adanya guru, walau kadang pemerintah kadang menyepelekan profesi guru terutama kesejajteraan terutama guru swasta maupun guru honorrer. Maka dari itu kami berusaha memperjuangkan keaejahteraan para guru melalui DPRD Kabupaten Pasuruan.

Kedepannya kami mengharapkan pemerintah daerah lebih proaktif dalam memperhatikan kesejahteraan para guru swasta maupun honorer. Jika dibandingkan dengan guru PNS tentu sangat jauh sekali. Dimana guru PNS ada gaji, insentip bahkan sertifikasi. Bandingkan dengan gaji guru swasta masih ada yang sangat jauh di bawah UMR. Terutama sekali guru yang sudah tua dimana dengan sangat ihklas pengabdiannya untuk bangsa Indonesia.

Saya secara pribadi sangat prihatin apabila ada guru yang dikriminalisasi gara-gara menghukum murid. Padahal guru menghukum murid bukan untuk mencederai tapi untuk mendidik supaya yang bersangkutan disiplin dan jujur. Dimasa saya sekolah dulu apabila saya dihukum oleh guru, orang tua malah senang dengan adanya hukuman dari guru berarti adanya barokah bagi guru dan murid, pastinya guru tidak ada tendensi menghukum murid untuk menyakiti ataupun mencederai.

Komentar

Berita Terkini