https://limadetik.com/

PBIO UMM Dampingi SD Muhammadiyah 1 Paiton Kembangkan Pembelajaran STEM dan Learning Community

Penulis: FajrulEditor: Wahyu
  • Bagikan
PBIO UMM Dampingi SD Muhammadiyah 1 Paiton Kembangkan Pembelajaran STEM dan Learning Community
FOTO: Guru SD Muhammadiyah 1 Paiton Mempraktekkan pembuatan Media STEM berkelompok.

LIMADETIK.COM, Malang – Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang (PBIO-UMM) dampingi SD Muhammadiyah 1 Paiton, kembangkan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM), Senin (12/9/2022).

STEM ini, merupakan isu menarik pada bidang pembelajaran, yang banyak diminati oleh berbagai pihak. STEM merupakan bentuk pembelajaran yang mengintegrasikan sains, teknologi, rekayasa, dan matematika atau, biasa disebut Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM).

https://limadetik.com/

Disisi lain, STEM berfungsi sebagai, langkah pendekatan pembelajaran, yang mampu mengatasi berbagai permasalahan di dunia nyata dan memfasilitasi siswa meningkatkan keterampilan Abad 21.

Fuad Jaya Miharja, tim Pengabdian Kelompok (PK) Universitas Muhammadiyah Malang menjelaskan, Melalui Lesson Study for Learning Community (LSLC), Sekolah dapat mengatasi, kendala yang muncul di kelas dengan cara, kolaborasi antar guru, kepala sekolah, dosen, dan pihak terkait lainnya.

”Oleh karena itu, LSLC menginisiasi, untuk menerapkan pembelajaran STEM di Sekolah, sebagai langkah esensial, yang perlu dilakukan agar keberlanjutan pembelajaran yang berkualitas dapat terus lestari,” katanya.

Lebih lanjut, Fuad Jaya Miharja menyampaikan, beberapa contoh penerapan buka kelas, dari kegiatan Lesson Study di berbagai Sekolah.

“Penerapan Lesson Study, mampu mengungkap berbagai permasalahan pembelajaran dan kualitas proses belajar setiap siswa. Hasil refleksi dari buka kelas akan mampu menjadi masukan untuk meningkatkan pembelajaran selanjutnya,” tambah Fuad.

Menanggapi kegiatan yang dilaksanakan oleh PBIO UMM, Anis bersama Ridho, perwakilan guru SD Muhammadiyah 1 Paiton, menyampaikan berterima kasih, kepada tim PK dan PMM, meurutnya, telah berbagi informasi yang sangat dibutuhkan.

“kami sampaikan terima kasih, kepada tim PBIO UMM, karena cara ini, memang kami butuhkan, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, serta menambah pengalaman baru, untuk mensimulasikan pembelajaran STEM,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan