Kepala Dinas Kesehatan Situbondo, Drs. H. Abu Bakar Abdi, Apt, M. Si.

SITUBONDO, Limadetik.com – Penderita Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) meningkat per tahunnya berkisar 200 orang yang menyerang Ibu Rumah Tangga (IRT) dari keseluruhan 17 Kecamatan. Sabtu, (5/12/2017).

Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, “Pada tahun ke tahun data penderita HIV/AIDS Kabupaten Situbondo¬† meningkat 200 orang dan sudah ditemukan dari berbagai kalangan masyarakat”, ujar Kepala Dinas Kesehatan Situbondo, Drs. H. Abu Bakar Abdi, Apt, M. Si.

Abu menambahkan, “Tidak hanya orang-orang yang berperilaku beresiko, tapi sudah meluas kepada ibu rumah tangga bahkan ibu-ibu yang sedang hamil”.

“Kami gencar mengadakan tes ODHA gratis untuk masyarakat, mengingat saat ini jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Situbondo mencapai hampir 1000 orang, terhitung mulai tahun 2010 sampai dengan 2017”, tukasnya.

Terpisah, perempuan yang mengaku penderita HIV sejak tahun 2012 tertular dari almarhum suaminya, “kami minta kepada seluruh masyarakat yang hadir disini untuk tidak mengucilkan kami karena HIV tak akan menular dengan jabat tangan.

“Oleh karena itu, jauhi penyakitnya bukan jauhi orangnya”, harapnya. (aka/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here