Presiden AS Mengecam otoritas Arab Saudi Terkait Pembunuhan Jurnalis Khashoggi

Donald Trump

Washington DC, Limadetik.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengecam otoritas Arab Saudi yang disebut melakukan aksi ‘menutup-nutupi terburuk yang pernah ada’ atas pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi. Trump yang berang menyebut pembunuhan Khashoggi dan aksi menutup-nutupinya sebagai ‘kegagalan total’.

“Seharusnya tidak pernah ada sebuah eksekusi atau aksi menutup-nutupi, karena itu tidak seharusnya terjadi,” ucap Trump kepada wartawan setempat, seperti dilansir Reuters, Rabu (24/10/2018).

Awalnya Saudi membantah tuduhan Khashoggi tewas dibunuh, sebelum akhirnya mengakui Khashoggi tewas dalam perkelahian di dalam konsulat mereka di Istanbul, Turki.

“Mereka memiliki konsep awal yang sangat buruk. Itu dilakukan tidak dengan baik dan aksi menutup-nutupinya merupakan salah satu yang terburuk dalam sejarah aksi menutup-nutupi kasus,” tegas Trump dalam pernyataan terpisah di Ruang Oval Gedung Putih, seperti dilansir AFP.

“Kesepakatan yang buruk, yang seharusnya tidak pernah dipikirkan. Seseorang sungguh mengacau. Dan mereka melakukan aksi menutup-nutupi yang terburuk yang pernah ada,” imbuhnya.

“Karena siapa saja yang memikirkan gagasan itu, saya pikir, kini ada dalam masalah besar. Dan mereka seharusnya ada dalam masalah besar. Oke?” ujar Trump tanpa menyebut lebih lanjut siapa yang dimaksudnya.

Beberapa waktu terakhir, Trump terus melontarkan komentar keras untuk Saudi terkait kasus Khashoggi setelah sebelumnya sempat melunak dan terkesan membela. Trump sebelumnya sempat menegaskan akan ada konsekuensi ‘sangat buruk’ bagi Saudi jika terbukti negara itu terlibat.

Dalam pidato di parlemen Turki, Selasa (24/10) waktu setempat, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan terang-terangan menyebut Khashoggi tewas dalam pembunuhan terencana yang dilakukan secara keji. Erdogan meminta agar 18 tersangka yang kini ditahan di Saudi, bisa diadili di Istanbul.


sumber: detikcom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here