Rutan Baturaja Lakukan Tes Kesehatan Bagi Warga Binaan dan Petugas Untuk Antisipasi Resiko Penyebaran HIV-AIDS

Saat pemriksaan warga binaan rutan baturaja berlangsung

BATURAJA, Limadetik.com РSebanyak 414 warga binaan rutan baturaja  dilakukan pemeriksaan Voluntary Counseling and Testing (VTC) oleh dinas kesehatan kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatra Selatan.

Prapto,SKM,MM Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) dinas kesehatan kabupaten OKU serta konselor hiv klinik pelita pkm lubuk batang mengatakan bahwasanya kegiatan ini dalam rangka mengantisipasi resiko penyebaran penyakit HIV-AIDS.

Sementara itu Herdianto,Karutan Baturaja menegaskan kalau Proses pemeriksaan itu sendiri tidak hanya untuk warga binaan tapi juga dilaksanakan untuk petugas juga.

“Jadi terkait dengan pemeriksaan ini kita tidak hanya melakukannya semata mata buat warga binaan saja,akan tetapi seluruh petugas rutan baturaja ini dilakukan pemeriksaan kesehatan,” ungkapnya pada hari Rabu,(31/1/2018).

Herdianto juga menambahkan, kegiatan ini dilakukan dengan cara scraning pengambilan sampel darah masing-masing warga binaan yang dilakukan secara langsung oleh tim medis dari dinas kesehatan dan klinik pelita pkm lubuk batang.

“Scraning VTC itu merupakan program yang dilakukan secara rutin sebagai bentuk pencegahan dini terhadap penyakit menular HIV-AIDS warga binaan dan program ini tidak akan berhenti disini saja tapi kita lakukan secara rutin dan berkala,” tuturnya.

Masih kata Karutann baturaja, “Untuk hasil nya kita tunggu dari tem medis klinik pelita lubuk batang tapi bila memang ada yang positif kita akan kerjasama dengan dinas kesehatan untuk menangi wargabinaan tersebut Sehingga resiko menular penyakit tidak berdampak ke wargabinaan lainya,”pungkas herdianto.(fikri/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here