Scroll Untuk Membaca Artikel
Sosbud

Sebentar Lagi, Madura Culture Festival 2023 Bakal Hadir

×

Sebentar Lagi, Madura Culture Festival 2023 Bakal Hadir

Sebarkan artikel ini
Sebentar Lagi, Madura Culture Festival 2023 Bakal Hadir
FOTO: Flayer kegiatan Madura Culture Festival 2023

Sebentar Lagi, Madura Culture Festival 2023 Bakal Hadir

LIMADETIK.COM, SUMENEP – Madura culture festival 2023 bakal hadir, mengenalkan batik karya madura, khususnya sumenep.

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

Pada kegiatan ini, akan menampilkan ciri khas dan corak batik yang sangat menonjol, dan sudah mulai terkenal dikalangan tanah air maupun internasional.

Disamping itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk silaturahmi para pelaku usaha batik, Menjaga warisan luhur budaya batik sumenep agar mampu memperoleh eksistensi bukan hanya di Madura tetapi juga di Jawa Timur.

“Dan yang pasti, dapat membantu perekonomian rakyat daerah Sumenep dan Madura secara umum melalui event Sumenep Festival Batik,” kata Ketua Pelaksana, drg. Novia Sri Wahyuni. Minggu (23/7/2023)

Novia menggambarkan, bahwa keadaan batik selama ini dikenal sebagai salah satu tradisi atau bisa kita katakan budaya yang sejak jaman kerajaan telah berkembang juga dikenal oleh masyarakat Nusantara.

“Maka tidak salah, jika melalui kegiatan ini dapat dijadikan sebagai ajang pemersatu,” ujarnya.

Upaya ini juga dilakukan, sebagai sebuah tindak lanjut proses berkesinambungan memelihara budaya batik di Sumenep yang dimulai pada tahun 2023.

“Maka pada tahun ini diadakanlah event MADURA CULTURE 2023 yang didalamnya diadakan kegiatan Sumenep Batik Festival dengan tema “Urban Ethnic (casual mosiem),” jelasnya.

Lebih jauh Novia menerangkan, bahwa kegiatan yang bertemakan urban ethnic pada tahun ini adalah menggambarkan budaya sumenep yaitu membatik.

“Batik itu menggambarkan urban atau hal-hal yang berkaitan dengan kota, bersifat kekotaan, atau orang yang pindah dari desa ke kota kedaerahan Kab. Sumenep yang menggambarkan masyarakat berpindah pindah untuk mempelajari berbagai macam budaya serta mayoritas masyarakat Sumenep adalah muslim bahkan disebut sebagai kota santri,” tuturnya.

Kemudian, pada event madura culture festival ini terdapat jenis lomba, diantaranya lomba fashion show. Lomba fashion show terdiri dari 4 kategori yaitu kategori Anak A, kategori Anak B, kategori remaja putri, kategori remaja putra.

Selanjutnya Lomba Fotografi, khusus lomba tersebut on the spot pada saat babak penyisihan lomba fashion show. Dan lomba DesignerBatik Show.

“Kegiatan tersebut menampilkan beberapa designer show nasional dengan menampilkan masing masing 10 model professional dari designer tersebut, dan koreographer serta live music tong tong khas kabupaten Sumenep,” tukasnya.

Sebagai informasi, kegiatan ini akan berlangsung pada hari minggu, 20 Agustus 2023, di Stadion Ahmadyani Sumenep.

× How can I help you?