umroh 12 hari

Semangat Ramadan di Tengah Pandemi, Pondok-Pesantren Qomaruddin Gelar Ngaji Kilatan

GRESIK, Limadetik.com — Wabah corona tidak menghalangi semangat Pondok Pesantren Qomaruddin Bungah Gresik, Jawa Timur untuk menyamarakkan bulan suci Ramadan, Sabtu malam (25/04/2020).

Seperti halnya bulan ramadan sebelum sebelumnya, pondok-pesantren Qomaruddin selalu menggelar ngaji Posan atau ngaji kilatan, bedanya ramadan kali ini pengajian kilatan ramadan hanya diikuti oleh sebagian santri saja, hal ini dilakukan karena ramadan tahun ini bersamaan dengan adanya wabah corona yang sedang melanda dunia tidak terkecuali Indonesia.

umroh 9 hari

Meski hanya diikuti oleh sebagian santri secara offline, pengajian Ramadan juga bisa dikuti melalui live streaming media sosial ponpes Qomaruddin melalui media YouTube, Facebook maupun Instagram, sehingga santri santri yang tidak berada di pondok tetap bisa mengikuti kegiatan ngaji kilatan ramadan.

Selama bulan Ramadan pondok pesantren yang diasuh oleh KH. Moh. Iklil Sholih ini akan melaksanakan ngaji posoan secara daring di lima waktu, yaitu setelah sholat subuh mengaji kitab riyadhus sholihin yang diasuh langsung oleh Romo KH. Iklil Sholih, dilanjutkan pukul 08.00 wib kitab Yasin hamami yang diasuh oleh KH. Moh. Ala’uddin.

Baca Juga :  Bupati Bondowoso Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2019

Kemudian setelah Dzuhur ngaji kitab Sulamul munajat diasuh oleh ustad Abdul Qodir dilanjutkan mengaji kitab lubabul hadist oleh Romo KH. Abdul Kholiq Sholih serta terakhir setelah tarawih mengaji kitab Al Malbuq yang diasuh oleh Agus Abdul Wajid Al Fahmi.

Sementara itu, menurut Muhammad Mahrus, salah seorang pengurus pondok mengatakan, kegiatan ngaji kilatan ramadan tetap harus digelar meski wabah corona sedang melanda dunia.

“Santri santri yang tidak berada di pondok tetap harus mengaji, meski harus melakukan protokol penanganan covid-19, PSBB ya PSBB, ngaji ya tetep ngaji meski harus secara online” pungkasnya. (tnt/yd)

Tinggalkan Balasan