Headline News

SMA Negeri 1 Gapura Sabet Juara 1 Lomba Pidato Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 di Kejari Sumenep

×

SMA Negeri 1 Gapura Sabet Juara 1 Lomba Pidato Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 di Kejari Sumenep

Sebarkan artikel ini
SMA Negeri 1 Gapura Sabet Juara 1 Lomba Pidato Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 di Kejari Sumenep
FOTO: Kajari Sumenep, Trimo, SH.MH saat menyerahkan piala dan piagam serta uang pembinaan kepada Fitri Aulia Taulani, pemenang juara 1 lomba pidati dalam rangka HBA ke-63

SMA Negeri 1 Gapura Sabet Juara 1 Lomba Pidato Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 di Kejari Sumenep

LIMADETIK.COM, SUMENEP – Mengambil tema “Korupsi” dalam acara lomba pidato antar pelajar tingkat SMA/SMK se- Kabupaten Sumenep, yang digelar Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumenep dalam rangkaian Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-63 tahun 2023. Kegiatan tersebut berlangsung di halaman parkir belakang Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumenep, Selasa (18/7/2023).

Lomba pidato antar pelajar tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Sumenep itu nampak semarak dengan kehadiran 10 delegasi dari SMA/SMK khususnya wilayah daratan di Kabupaten Sumenep, dengan mengirimkan masing-masing sekolah satu orang perwakilan yang didampingi sejumlah guru dan rekan pelajar.

Dalam lomba pidato pada peringatan HBA ke-63 itu, perwakilan SMA Negeri 1 Gapura keluar sebagai pemenang, setelah mampu menyisihkan 9 orang kompetitornya dari berbagai perwakilan SMA/SMK se-Kabupaten Sumenep.

Fitri Aulia Taulani (17) siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gapura yang keluar sebagai juara 1 pada lomba tersebut, dalam pidatonya ia menyampaikan, bahwa persoalan korupsi adalah persoalan yang harus dicegah secara bersama-sama, oleh seluruh element masyarakat, agar tidak menjadi sebuah budaya di kemudian hari.

“Saya ingin menegaskan, bahwa persoalan korupsi ini adalah persoalan yang harus dicegah secara bersama-sama dengan para penegak hukum. Tentu saya ingin mengatakan, bahwa penegak hukum harus lebih tegas lagi dalam penegakan hukum bagi para pelaku korupsi” katanya.

Lebih mengagumkan lagi, saat salah seorang tim juri yang menilai bertanya kepada Fitri, bagaimana sikapnya jika seandainya menjadi seorang bendara lalu kemudian ada celah untuk melakukan korupsi, ia pun langsung menegaskan tetap akan menolaknya.

SMA Negeri 1 Gapura Sabet Juara 1 Lomba Pidato Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 di Kejari Sumenep
FOTO: Kajari Sumenep bersama para tim juri dan pemenang lomba pidato

“Yang pasti saya tidak akan melakukan perbuatan tercela seperti korupsi, seandainya saya mengetahui hal itu ada dan akan dilakukan oleh teman atau orang yang saya kenal, maka saya pastikan untuk menegur dan mengingatkannya” jawabnya.

Ditemui usai acara, kepada wartawan Fitri mengatakan, bahwa apa yang dia sampaikan dalam pidatonya adalah hasil belajar selama dua hari persiapan, namun dirinya tidak menyangka jika ia akan keluar sebagai pemenang.

“Persiapan hanya 2 hari, sejak hari minggu. Itu pun materi saya mencoba mencari di beberapa sosial media, termasuk juga dari beberapa referensi yang ada. Yang pasti saya dibimbing ibu guru saya, cara bagaimana berpidato dengan memakai bahasa baku dan benar” terangnya.

Setelah ini kata Fitri, dirinya ingin mengimplementasikan bagaimana bahaya korupsi di tengah masyarakat, terutama pencegahan harus dilakukan dari diri sendiri, keluarga, teman dan masyarkat.

“Kita harus berani menjadi agen perubahan, dari sesuatu yang negatif pada yang lebih positif. Artinya, memerangi korupsi ini harus dilakukan secara berkala, pesan-pesan hukum itu harus tersampaikan dengan benar” pungkasnya.

Pada acara lomba ini, selain Fitri Aulia Taulani yang keluar juara 1, ada juga perwakilan SMAN 1 Sumenep yang meraih juara II, kemudian dari SMAN 1 Bluto berada pada peringkat ke-3, lalu harapan 1 diraih perwakilan SMAN Ambunten dan harapan 2 disabet SMAN 2 Sumenep.

Kejari Suemenep pada kegiatan lomba pidato antar pelajar ini menghadirkan 5 orang juri dari berbagai kalangan, mulai dari praktisi hukum, pengamat kebijakan hukum dan dari Kampus yang ada.

× How can I help you?