https://limadetik.com/

Upacara HUT RI di Sumenep Digelar di Dalam Perut Bumi

  • Bagikan
IMG 20200817 135524

SUMENEP, limadetik.com – Berbagai cara masyarakat dalam rangka menggelar upacara HUT RI yang ke-75 tahun. Selain pengibaran bendera Merah Putih dilakukan di gunung, laut, sungai tak terkecuali di dalam perut bumi.

Seperti yang dilakukan karyawan dan pengunjung Goa Soekarno. Mereka menggelar upacara kemerdekaan di dalam perut bumi atau di dalam Goa Soekarno yang terletak di Desa Panaongan, Kecamatan Pasongsongan, Sumenep, Jawa Timur, Senin (17/8/2020).

https://limadetik.com/

“Selama ini banyak masyarakat menggelar HUT RI di sungai, di laut dan di atas gunung. Maka kami ingin mewarnai perayaan HUT RI yang ke-75 di dalam gua. Ini kami gelar setiap tahun,” terang manager Goa Soekarno, Syaiful Anwar.

Lebih lanjut pria berambut gondrong menegaskan, para pejuang terdahulu mengangkat senjata untuk melawan penjajah agar bangsa Indonesia merdeka dan mandiri. Tetapi setelah bangsa Indonesia merdeka, bukan berarti perjuangan telah selesai.

“Merdeka ini bermacam-macam, seperti merdeka dari penjajahan dengan cara angkat senjata. Yang tidak kalah beratnya perjuangan setelah Indonesia merdeka, maka harus merdeka secara ekonomi,” ujarnya.

Dari itu, Goa Soekarno merupakan bentuk perjuangan untuk memberdayakan masyarakat supaya merdeka dan mandiri secara ekonomi. Dan berdikari dalam persoalan ekonomi.

“Adanya Goa Soekarno diharapkan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya yang ada di sekitar goa,” imbuhnya.

Goa Soekarno merupakan objek wisata yang tidak pernah sepi pengunjung. Setiap akhir pekan dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah di Jawa Timur. Termasuk para wisatawan manca negara. Mereka takjub akan keindahan goa yang di dalamnya terdapat cafe.(hoki/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan