oleh

Gunakan Perahu Nelayan, Ratusan Siswa Babussalam Tanjung Kiaok Sapeken Gelar Upacara HUT RI ke-75 di Laut

SUMENEP, Limadetik.com – Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-75 tahun 2020 di seluruh penjuru nusantara nampaknya telah banyak memompa semangat generasi penerus bangsa ini.

Hal itu terbukti dengan semangat cinta tanah air yang ditanamkan kepada siswa/i oleh para tenaga pendidik di salah satu lembaga pendidikan Babussalam di Desa Tanjung Kiaok, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep Jawa Timur.

Sekitar 300 lebih siswa/i Babussalam dari tingkat Madrasah Ibtida’iyah (MI) hingga SMA merayakan hari sakral kemerdekaan Bangsa Indonesi yang ke-75 tahun 2020 di tengah laut dengan menaiki puluhan perahu nelayan demi berkibanya sang merah putih di Desa mereka tinggal.

Salah satu Dewan pengasuh Babussalam Ust.Hayat kepada media menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakn murni gagasan para dewan guru dan segenap siswa yang ada untuk ikut serta mengenang jasa para pahlawan di negeri ini dengan cara upacara bendera merah putih di tengah laut Tanjung Kiaok.

“Kegiatan upacara bendera merah putih ini terlaksana berkat kekompakan dewan guru dan didukung penuh oleh semua anak didik yang ada. Semuanya ikut ke laut ada sekitar 300 orang siswa lebih, kecuali yang kelas satu madrasah kita diamkan di tepi pantai karena takut resiko” katanya, Senin (17/8/2020).

Lanjut Hayat, kegiatan HUT RI ke-75 ini tidak hanya upacara bendera merah putih saja, akan tetapi ada pemotongan nasi tumpeng sebagai rasa syukur kita kepasa Allah SWT karena Bangsa kita sudah merdeka dengan usia 75 tahun.

“Kita juga potong nasi tumpeng di tengah laut tepatnya di atas perahu, itu semua sebagai tanda rasa syukur kita kehadirat Allah SWT atas kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan bangsa ini 75 tahun yang silam” jelasnya.

Ust.Hayat berharap kepada seluruh generaai anak bangsa Indonesia terkhusus siswa/i yang mengenyam pendidikan di lembaga Babussalam agar tetap ikut berpartisipasi berjuang terus membela NKRI dengan cara tetap focus belajar hingga tertanam di hati mereka semangat kebangsaan yang tidak pernah pudar.

“Sebagai dewan pengasuh, saya berharap para generasi anak bangsa yang saat ini masih belajar dan mengenyam ilmu pendidikan di Babussalam tetap punya semangat juang untuk senantiasa mempertahankan nilai-nilai budaya Bangsa Indonesia sehingga tidak mudah tergoyahkan oleh hal yang bisa merusak kesatuan dan persatuan di negeri tercinta ini” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, kegiatan upacara HUT RI ke-75 oleh guru dan siswa Babussalan kali ini telah menerjunkan setidaknya 30 perahu nelayan dan ratusan bendera merah putih yang dikibarkan di tengah laut. (yd/yd)

Komentar

Berita Terkini