banner 728x90

Vaksinasi untuk Siswa, Pesan Kacabdin Sumenep: Jangan Percaya Hoaks

  • Bagikan
Vaksinasi untuk Siswa, Pesan Kacabdin Sumenep: Jangan Percaya Hoaks
FOTO: Kacabdin Wilayah Sumenep, H. Syamsul Arifin, S.Pd, M.Si (dok. LD)

SUMENEP, Limadetik.com – Pemerintah akan segera melakukan vaksinasi bagi seluruh siswa sekolah dari usia 12-17 tahun, pelaksanaan vaksinasi untuk siswa tersebut akan digelar besok Kamis, 22 Juli 2021.

Untuk sekolah di Kabupaten Sumenep sendiri berdasarkan jadwal yang ada akan dimulai dari Sekolah Menengah Atas Negeri I (SMANSA), dan akan diikuti oleh semua siswa.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Jawa Timur Wilayah Sumenep, Syamsul Arifin, S.Pd, M.Si mengatakan, pemerintah telah mewajibkan vaksinasi untuk siswa usia 12-17 tahun.

Hal dilakukan guna memberikan herd immunity bagi siswa itu sendiri sehingga meiliki imun atau kekebalan daya tahan tubuh, terlebih dalam situasi maraknya penyebaran covid-19 di Indonesia terkhusus di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

“Vaksinasi untuk tahap sekarang oleh pemerintah diwajibkan untuk siswa usia 12 – 17 tahun, sebelum dilakukan vaksin siswa juga akan dilakukan screening terlebih dahulu oleh tim Kesehatan DINKES Sumenep” katanya, Rabu (21/7/2021).

Selain itu kata Kacabdin Sumenep, untuk lanjut vaksin atau tidaknya seorang siswa akan dilihat dari hasil Screening, jika memang tidak ada masalah atau ada penyakit bawaan, maka akan dilanjutkan vaksinasi bagi siswa itu sendiri.

“Nanti sebelum dilakukan penyuntikan vaksin, siswa peserta vaksinasi ini terlebih dahulu akan dilakukan pengecekan kesehatan (Screening). Jika tidak ada masalah, maka baru dilakukan vaksinasi. Tapi jika memang petugas menemukan sesuatu hal yang tidak bisa untuk di vaksinasi, tentu juga tidak akan dilakukan” jelasnya.

Mantan Kepala SMA Negeri 1 Sumenep itu lebih lanjut menyampaikan, dalam kegiatan vaksinasi ini, seluruh kepala sekolah diharapkan memberikan penjelasan kepada seluruh siswa tentang pentingnya vaksinasi dan megikutsertakan program pemerintah tersebut.

“Ada penjelasan terlebih dahulu yang nantinya akan dilakukan oleh Kepala Sekolah masing-masing kepada seluruh siswa, bahwa vaksin ini dipandang sangat perlu dalam rangka mendukung program pemerintah” tandasnya.

Kacabdin Syamsul juga mengimbau, agar Orang tua diharapkan bisa mengizinkan putra-putrinya untuk dilakukan vaksinasi, sebab dukungan dan semangat dari orang tua siswa sangat menentukan terlaksananya vaksinasi dengan baik.

“Kita berharap orang tua murid ini bisa bekerjasama dengan baik, sehingga anaknya tetap semangat untuk bisa mengikuti kegiatan vaksinasi di sekolahnya” tuturnya.

Syamsul juga meyakini semua, bahwa vaksinasi dapat memberikan kekebalan pada tubuh. Dengan demikian penanganan penyebaran covid-19 di Kabupaten Sumenep akan jauh lebih mudah dan teratasi.

“Jangan percaya dengan kabar yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, kami semua yakin vaksinasi kepada siswa akan menjadikan siswa itu sendiri lebih kebal (Herd Immunity). Maka tentu jika vaksinasi sukses, rakyat sehat, COVID-19 sirna” tukasnya.

(yd/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan