https://limadetik.com/

Capain Vaksinasi di Sumenep 25,4 Persen, Kadinkes: Target Akhir Oktober 50 Persen

Penulis: WahyuEditor: Lisa
  • Bagikan
Kadinkes Sumenep Ingatkan Masyarakat Perlunya Meningkatkan Imun Tubuh dengan Vaksin
FOTO: Kadinkes Sumenep, H. Agus Mulyono, MCH.

SUMENEP, Limadetik.com – Capaian vaksinasi di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur hingga saat ini masih berkutat diangka 25,4 persen. Kendati demikian, angka tersebut masoh terus bertambah.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Sumenep, Agus Mulyono, MCH mengatakan, untuk vaksinasi di Kabupaten Sumenep ditarget 50 persen hingga bahkan sebelum akhir Oktober 2021.

https://limadetik.com/

“Capaian vaksinasi kita di Kabupaten Sumenep memang masih diangka 25 persen lebih. Tapi sebenarnya angka ini terus naik, karena minggu yang lalu kita berada diangka 20 persen. Namun kami target sebelum akhir Oktober bisa mencapai 50 persen vaksinasi” katanya, Kamis (14/10/2021).

Selain itu kata Kadinkes Agus, pihaknya juga terus bergerak ke desa-desa dan ke beberapa kepulauan yang ada di Kabupaten Sumenep untuk terus menggenjot kegiatan vaksinasi.

“Kami bersama bapak Kapolres dan Pak Dandim terus bergerak menjemput bola ke bawah pada masyarakat dan melibatkan sejumlah tokoh Agama,tokoh masyarakat bahkan tokoh pemuda untuk memberikan pemahaman terkait vaksinasi ini. Dan masyarakat tidak lagi percaya pada infirmasi hoax yang selama ini membuat masyarakat kita ragu untuk melakukan vaksinasi” ungkap Kadinkes.

Karenanya itu lanjut Agus, berbagai cara persuasif dikakukan kepada masyarakat hingga dengan cara memberikan dorprize dari desa yang melaksanakan vaksinasi agar masyarakat yakin bahwa vaksin halal dan aman.

“Pemerintah Sumenep melibatkan desa dan puskesmas-puskesmas yang ada untuk ikut serta membantu mempercepat vaksinasi ini. Bahkan di sejumlah desa ada yang memberikan dorprize kepada masyarakat yang melakan vaksinasi, dan kami yakin carana ini juga efektif dan target kita 50 persen sebelum akhir oktober bisa tercapai” jelasnya.

Mantan Sekretaris Dinas Kesehatan Sumenep itu juga mengingatkan masyarakat, bahwa dengan ketercapaian vaksinasi 50 persen maka nanti akan secepatbya terbentuk herd immunity, sehingga perekonomian juga segera kembali pulih.

“Kalau herd immunity masyarakat kita sudah terbentuk paling tidak 50 persen yang sudah melakukan vaksinasi, namun target tetap 70 persen tentu ini akan bisa memutus penyebaran covid-19 di Kabupaten Sumenep” tandasnya.

Kadinkes Agus Mulyono juga menyampaikan, pihaknya tidak ada henti-hentinya bergerak setiap hari agar ketercapaian vaksin di Sumenep benar-benar maksimal. Selain itu ia berharap agar semua komponen masyarakat saling bahu membahu bersama pemerintah untuk tetap menggecarkan kegiatan vaksinasi.

“Jika semua komponen masyarakat seperti para tokoh agama, tokoh masyarakat serta kiai-kiai di Pondok-Pesantren tetap komitmen untuk menyampaikan pesan sejuk terkait vaksinasi ini tentu akan segera tercapai. Karena selama ini para tokoh dan para kiai di Pondok-Pondok dukungannya luar biasa” tegasnya.

Terakhir Agus tetap mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sumenep, agar tetap mematuhi protokol kesehatan demi tercapaianya pencegahan covid-19 secara maksimal.

“Masyarakat harus tetap taat protokol kesehatan seperti tetap memakai masker jika keluar rumah, hindari kerumunan, cucu tangan dengan sabaun dan lain sebagainya. Kendatipun kita sudah melakukan vaksinasi” tukasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan